Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penemu Mesin Jahit - Elias Howe

Sejarah penemuan mesin jahit sampai ibarat yang sekarang, mempunyai sejarah panjang. Mesin jahit mempunyai dua benang yang berlawanan dan terdapat jarum berlubang untuk kawasan benang diujungnya. Agar sanggup saling mengait maka jarum harus sanggup menembus kain dan menjadi ibarat lengkungan benang disisi bawahnya. Fungsi mesin jahit sangatlah berkhasiat bagi kehidupan manusia, yang tentu saja berkhasiat untuk pembuatan baju yang kau pakai. Nah teman-teman, siapa penemu mesin jahit? simak alur sejarah inovasi mesin jahit dibawah ini!

Penemu Mesin Jahit Adalah Elias Howe

 Mesin jahit mempunyai dua benang yang berlawanan dan terdapat jarum berlubang untuk kawasan Penemu Mesin Jahit - Elias HoweElias Howe lahir pada 9 Juli 1819 di Spencer, Massachusetts. Pada tahun 1835 bekerja di pabrik textil di Lowell namun dua tahun lalu pada tahun 1837 pabrik tersebut mengalami gulung tikar. Selanjutnya ia bekerja menjadi mekanik mesin carding dengan Nathaniel P. Banks sepupunya ditahun 1837 pada dikala pindah ke Cambridge, Massachusetts. Pada tahun 1838 Elias Howe mendapat inspirasi untuk membuat mesin jahit dikala bekerja di toko Ari Davis.

Pada tahun 1790 banyak persaingan mengenai gagasan dalam pembuatan mesin jahit, namun Elias Howe membuat mesin jahit yang lebih sempurna. 10 September 1846, Howe mendapat hak paten Amerika Serikat untuk pertama kalinya dengan desain lockstitch.

Penemuan mesin jahit dari Elias Howe banyak hambatan dan kesulitan dalam pembiayaan inovasi tersebut. Sehingga mendapat santunan dari abang laki-lakinya (Amasa Bemis Howe) untuk mencari dana dan ia memutuskan pergi ke Inggris. Amasa membantu menjual mesin Elias Howe kepada William Thomas dari Cheapside, London. Harga mesin tersebut £ 250 yang dijual ke pemilik pabrik yang memproduksi korset, payung, dan katup.

Pada tahun 1848, Howe dan keluarganya mengunjungi Amasa di London, namun kesehatan istri Howe menurun akhir perselisihan bisnis dengan Thomas. Tahun 1849 Elias Howe kembali ke Negaranya dan tak usang istri Howe meninggal dunia. Howe mempertahankan hak cipta mesin jahitnya dikala Isaac Singer dan bekerja sama dengan Walter Hunt yang telah menyempurnakan komponen mesin jahitnya dan menjual dengan lockstitch yang sama yang telah ditemukan Howe terlebih dahulu. Elias Howe memenangkan hak paten mengenai penemuannya dan mendapat royalti yang besar dari Isaac Singer juga rekan lainnya untuk memproduksi mesin jahit.

 Mesin jahit mempunyai dua benang yang berlawanan dan terdapat jarum berlubang untuk kawasan Penemu Mesin Jahit - Elias Howe
Gambar mesin jahit - Elias Howe

Ketika Howe berhasil menjadi seorang penemu mesin jahit, ia menyumbangkan dana yang dikumpulkan untuk menyediakan peralatan perang tentara dikala Perang Saudara.

Pada tahun 1851 Elias Howe mendapat sebuah plakat dari keberhasilannya membuat
ritsleting dan mesin jahitnya. Pada tahun 1867 inovasi mesin jahit Elias Howe memenangkan medali emas Pameran Paris, dan di tahun yang sama ia dianugerahi Légion d'honneur oleh Napoleon III.

Kehidupan Elias Howe menjadi berubah berkat penemuannya, seorang jutawan dan mendapat banyak sekali penghargaan. Pada tahun 1865 Howe mendirikan prabik The Howe Machine Co. di Bridgeport, yang dioperasikan oleh menantu Howe sekitar tahun 1886. Eliad Howe meninggal dunia dikala berusia 48 tahun pada 3 Oktober 1867 alasannya yakni penyakit pembekuan darah dan dimakamkan di Green-Wood Cemetery di Brooklyn, New York.

Berkat jasa inovasi Elias Hiwe di tahun 1940 gambar dirinya dikenang dalam uang 5 sen dalam Penemu Terkenal Amerika yang dikeluarkan pada 14 Oktober 1940. Prestasi Howe pada tahun 2004 dilantik menjadi Hall of Fame Penemu Nasional Amerika Serikat.