Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Dan Perkembangan Kaki Dan Tangan Palsu

Artikel wacana kaki dan tangan palsu - Kaki Palsu yakni alat ganti gerak pada insan dikarenakan kaki seseorang tersebut di amputasi, terkena penyakit maupun memang kakinya semenjak lahir tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan pada tangan palsu yakni alat yang digunakan untuk mengganti tangan seseorang.
Gambar : Pixabay.com/id

Terkadang, insan mengalami petaka sehingga menjadikan kaki atau tangannya tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, kami akan memberikan artikel mengenai kaki dan tangan palsu, mulai dari sejarah, perkembangan, cara kerja, dan eksistensinya dalam membantu insan yang alat geraknya tidak sanggup bekerja dengan baik. Berikut penjelasannya.

SEJARAH

Perawatan prostetik kembali ke Dinasti Mesir kelima (2750-2625 SM), para arkeolog telah menemukan tertua splint dari periode itu. Awal dikenal rujukan tertulis ke anggota tubuh buatan dibentuk sekitar 500 SM, Herodotus menulis wacana seorang tahanan yang melarikan diri dari rantainya dengan memotong kakinya, yang kemudian ia diganti dengan pengganti kayu. Sebuah kencan tungkai buatan dari 300 SM, yakni kaki tembaga dan kayu digali di Capri, Italia pada tahun 1858.

Gambar : kaki-palsu-tangerang.blogspot.com


PERKEMBANGAN KAKI DAN TANGAN PALSU


Dewasa ini, seiring dengan perkembangan dunia kedokteran, perkembangan kaki palsu dan tangan palsu juga begitu pesat, baik perkembangan dari segi estetika maupun dari segi fungsi. Dengan ditemukannya materi plastik dan material lainnya ibarat fiber dan silikon, menciptakan kaki palsu dan tangan palsu yang dibentuk pada kala kini lebih ringan dan lebih besar lengan berkuasa yang tentunya akan lebih menciptakan nyaman bagi pemakainya untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari.

Gambar : jdeorthotistandprosthetist.co.za dan jualkakitanganpalsu.com



CARA PEMASANGAN KAKI DAN TANGAN PALSU

Sebelum kaki palsu terpasang, ada beberapa proses yang harus dilakukan, antara lain:
  • Memastikan kesehatan kawasan sekitar kaki.
  • Mengukur stump (ujung tubuh yang teramputasi) semoga ukuran kaki palsu pas dengan ukuran tubuh.
  • Membuat cetakan kaki dari plester.
  • Mendesain soket (penyangga) semoga lebih nyaman.
  • Menambahkan poros pada calon kaki palsu.
  • Memperindah calon kaki palsu semoga sesuai dengan estetika tubuh.

Tepat sebelum pemasangan kaki palsu, biasanya dilakukan desensitisasi pada kulit di sekitar stump atau bab pangkal yang akan dipasangi kaki palsu. Desensitisasi yakni proses mengurangi tingkat sensitivitas kulit di sekitar stump semoga kaki palsu lebih nyaman dipakai. 
Proses desensitisasi dilakukan sebagai berikut.
  • Kulit yang menutupi stump ditekan-tekan dengan menggunakan kain yang lembut. Untuk mengurangi pembengkakan, bab tersebut dibalut menggunakan compression bandage. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah penumpukan cairan pada stump, baik di bab dalam maupun di sekitarnya.
  • Selanjutnya pasien disarankan untuk menarik dan menggosok kulit perlahan-lahan di sekitar tulang untuk menghindari terbentuknya jaringan parut yang berlebihan. Langkah ini sanggup dilakukan sendiri kalau sudah terbiasa atau sanggup dibantu tenaga medis.

Biasanya Anda akan mulai latihan menggunakan kaki palsu pada sepuluh hari hingga dua ahad sehabis operasi, tergantung kepada kondisi kaki, luka, dan proses penyembuhan pascaoperasi.
Setelah menggunakan kaki palsu, Anda tetap harus melatih otot-otot yang masih ada di sekitar kaki. Dalam hal ini andal fisioterapi akan membantu melatih Anda. Demi sanggup membiasakan diri dengan anggota tubuh buatan ini, Anda disarankan untuk terus melaksanakan latihan yang diinstruksikan andal fisioterapi Anda. Pemasangan tangan palsu juga secara garis besar sama dengan cara diatas.


Cara Merawat Kaki dan Tangan Palsu

Bukan hanya kaki palsu yang harus dirawat, tetapi juga bab kaki orisinil yang menggunakan kaki palsu. Anda harus merawatnya tiap hari dengan cara sebagai berikut.
  • Lepas kaki palsu dikala Anda akan tidur.
  • Periksa kaki palsu Anda, pastikan tidak ada bab yang rusak, longgar, atau hal-hal lain.
  • Periksa stump Anda, pastikan tidak terjadi iritasi, melepuh, atau mengalami gangguan lain.
  • Mintalah proteksi orang lain untuk turut menyidik ada atau tidaknya luka pada kulit di sekitar stump secara teratur.
  • Bersihkan stump, kemudian pijat kulit perlahan-lahan dengan menggunakan losion.
  • Untuk mengurangi pembengkakan, balut stump dengan menggunakan perban dikala sedang tidak menggunakan kaki palsu.
  • Lakukan latihan untuk mendukung daya tahan, rentang gerak, posisi tubuh, dan peregangan, sesuai dengan aba-aba dari terapis.
Sama ibarat pada cara pemasangannya kurang lebih dalam perawatan tangan palsu juga secara garis besar sama dengan cara merawat kaki palsu. Kaprikornus dengan kita merawat dengan baik maka kondisi alat gerak kita sanggup bekerja dengan baik.

PERANAN / MANFAAT KAKI TANGAN PALSU

1. Alat Bantu Jalan

Dengan adanya kaki palsu maka produktivitas penderita dalam melaksanakan pekerjaan akan terbantu, contohnya saja kalau sang penderita ingin berjalan kesana kemari maka mustahil ia berjalan menggunakan kakinya yang tidak sanggup berfungsi maka dari itu dengan adanya kaki palsu akan menciptakan acara sanggup berjalan.

2. Memperbaiki Keadaan Psikis Seseorang 

Pastinya kalau orang yang pada awalnya normal kemudian alasannya petaka maupun penyakit yang menjadikan tangan atau kakinya hilang kondisi psikis orang akan terganggu, mulai dari malu, merasa tidak normal dsb. Dengan adanya kaki dan tangan palsu ini maka dibutuhkan kondisi psikis seseorang sanggup dikendalikan sehingga sanggup percaya diri dan menjalankan acara ibarat biasanya.

Sekian artikel yang sanggup kami sampaikan semoga dengan kami memperlihatkan artikel wacana sejarah dan perkembangan kaki dan tangan palsu ini para pembaca sanggup mengambil dari artikel ini baik untuk informasi,pembelajaran,tugas sekolah dll. Terimakasih

REFERENSI :

http://sehatindo.co.id
http://www.alodokter.com
http://kaki-palsu-tangerang.blogspot.co.id