Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Android Manifest, Activity, Dan Intent




Apa itu Android Manifest ?

Android Manifest merupakan bab dari project android yang kita buat yang berbentuk file xml. Gambar di atas merupakan referensi Android Manifest yang ada pada sebuah project Android. Android Manifest ini berisi informasi-informasi perihal aplikasi yang kita buat, menyerupai nama aplikasi yang sedang kita kerjakan, versi android yang di targetkan, theme dari aplikasi, dan masih banyak lagi isu di dalam Android Manifest ini. 

Fungsi dari Android Manifest ini ialah untuk mengatur  beberapa isu yang akan ditampilkan di aplikasi yang sedang dibentuk menyerupai isu label, intent, icon, maupun Android Manifest permission dikala kita ingin memanfaatkan akomodasi yang ada di dalam smartphone Android kita. Selain itu, Android manifest juga sanggup dipakai untuk pembentukkan file berekstensi .apk yang mempunyai kegunaan biar hasil project android kita sanggup di install ke dalam smarftphone android.

Apa itu Activity pada Android ?

Activity ialah sebuah class yang dipakai untuk menciptakan sebuah layout yang akan ditampilkan dalam layar handpone dimana layout ini berisi intrface-interface seperti, listview, combo box, textview, dll yang bertujuan biar kita sanggup berinteraksi dengan setiap activity mewakili satu layar, jadi dikala akan menciptakan 5 form dalam 5 layar maka kita harus menciptakan 5 activity pula dan setiap form tersebut sanggup saling berkomunikasi alasannya ialah berada dalam satu activity.

Pada dikala aplikasi berjalan pada sistem Android sebuah aktifitas aktivitas terjadi dalam beberapa pernyataan aktivitas atau tahapan. Kita  tidak sanggup melaksanakan kontrol terhadap tahapan tersebut, semua sudah di atur oleh system. Namun demikian, kita sanggup mengidentifikasi kapan tahapan tersebut terjadi dengan memanggil method-method di bawah ini :

1.     onCreate( Bundle )
     Ketika kita memulai menciptakan aplikasi andorid maka metod inilah yang pertamakali dipanggil. Dengan method ini kita sanggup melaksanakan inisialiasi awal menyerupai memilih antar muka ( user interface )

2.     onStart( )
      Method ini mengindikasikan aktifitas yang siap ditampilkan ke user

3.     onResume( )
      Ketika membutuhkan method yang sanggup berinteraksi dengan user maka diharapkan method ini, yang sangat bergunakbila ingin memasukkan musik maupun video.

4.     onPause( )
      Ketika kita menjalakan lebih dari satu aktifitas maka salahsatu aktifitas harus bekerja di background dengan memakai method ini.

5.     onStop( )
      Method ini dijalankan dikala aplikasi yang sedang kita buka ingin di matikan untuk sementara waktu.

6.     onRestart( )
     Method ini dipakai dikala akan memulai kembali aktifitas yang sudah di stop sebelumnya.

7.     onDestroy( )

8.     onStateInstanceState( Bundle )
Saat kita menciptakan project Android maka akan muncul method ini.

9.     onRestoreInstanceState( Bundle )

Pengertian Intent pada Android
           Intent merupakan sebuah aktivitas yang sudah jadi dan kita hanya tinggal memanggilnya untuk dijalankan kalau dibutuhkan. Seperti kalau kita ingin menciptakan aplikasi sambungan telepon, kita sanggup secara manual menciptakan coding programnya atau kita sanggup pula hanya memanggil intent dari fungsi sambungan telepon tersebut, sehingga kita tidak perlu lagi melaksanakan penulisan aktivitas yang panjang.  Intent sendiri dibagi menjadi 2 yaitu,

1.     Implicit intent ialah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal              android menyerupai Dial Number, Open Browser dan lainya.
2.     Explicit Intent yang memanggil Activity lain yang masih dalam 1 project atupun beda project.



.. My Youtube Channel .. 

* Cara menciptakan Project Android memakai eclips (Tutorial-Helloworld)
*Cara Membuat Button, Toast, EditText di Android memakai eclips (Tutorial)
* Cara menyimpan Log File (.csv) di Android memakai eclips (Tutorial)
*Cara menciptakan Aplikasi sambungan telpon (Dial Up)  di Android Menggunakan Eclips