Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Fungsi Samba Server

Pengertian dan Fungsi Samba Server - Hi friend ketemu lagi dengan saya di inponow, pembahasan kali ini saya akan mengulas mengenai pengertian dan fungsi samba server. Samba server yaitu paket yang ada pada linux yang berkhasiat sebagai media pertukaran data antara sistem operasi windows dengan sistem operasi linux. Sejak tahun 1992, Samba telah menyediakan layanan file dan cetak yang aman, stabil dan cepat untuk semua klien yang memakai protokol SMB / CIFS, menyerupai semua versi DOS dan Windows, OS / 2, Linux dan banyak lainnya.

Apa Itu Samba Server?
Samba didasarkan pada protokol client / server umum dari Server Message Block (SMB) dan Common Internet File System (CIFS), samba server berjalan pada port 445 dan 139 (TCP), 137 dan 138 (UDP). Menggunakan perangkat lunak klien yang juga mendukung SMB / CIFS (contohnya produk Microsoft Windows), pengguna simpulan mengirim serangkaian undangan klien ke server Samba di komputer lain untuk membuka file komputer itu, mengakses printer yang digunakan bersama, atau jalan masuk sumber daya lain. Server Samba di komputer lain menanggapi setiap undangan klien, baik pertolongan atau penolakan jalan masuk ke file dan sumber daya bersama.

Baca juga : Cara Melakukan Sharing File dari Linux ke Windows Menggunakan Samba

Samba mempunyai dua jadwal yang berjalan di background, yang pertama yaitu SMBD yang merupakan jadwal yang terus berjalan di background yang menangani sharing file dan sistem dari client yang aktif. Kemudian background yang kedua yaitu NMBD yang mempunyai kiprah mengkonversi nama komputer atau Netbios menjadi alamat IP dengan kata lain NMBD mempunyai tanggung jawab untuk menangani undangan server name Netbios.

Beberapa Fungsi Samba
Samba berfungsi sebagai penghubung antara mesin bersistem operasi linux dengan mesin bersistem operasi windows, untuk melaksanakan sebuah acara sharing file, device, firewall, dns, dhcp, ftp, proxy, mail dan acara lainnya.

Samba juga mempunyai akomodasi Samba Primary Domain Controller, fitur ini berkhasiat untuk melaksanakan pengujian kebenaran atas pengguna terdaftar yang ingin mengakses semua akomodasi domain yang telah disediakan, untuk itu hanya pengguna yang terdaftar yang akan diberikan akses.


Samba juga berfungsi sebagi Domain Controller ( pengelola keamanan jaringan ) pada windows. Domain controller yaitu subuah server yang menawarkan jawaban security authentication, misalnya melaksanakan verifikasi apakah pengguna tersebut yaitu orang yang berhak melaksanakan jalan masuk ke server dan telah terjamin datanya.

Kelebihan Samba Server
Samba server mempunyai beberapa keunggulan yaitu diantaranya yaitu open source atau gratis tanpa lisensi, tersedia untuk banyak sekali macam platform, gampang dalam mengkonfigurasi, sanggup terhubung eksklusif dengan jaringan, mempunyai banyak fitur yang bermanfaat serta jarang mengalami error dalam penggunaan di jaringan.

Itu merupakan sedikit ulasan mengenai Pengertian dan Fungsi Samba Server yang merupakan sumber pengalaman pembelajaran saya baik dari pendidikan formal ataupun internet. Sekian dari artikel hari ini, kurang lebihnya mohon maaf dan biar sanggup bermanfaat.


Sumber https://inponow.blogspot.com/