Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bekerja Di Bidang Teknik Telekomunikasi, Menyebarkan Pengalaman





Teknik Telekomunikasi yaitu penerapan ilmu dan teknologi di bidang komunikasi jarak jauh.

Bidang telekomunikasi selalu berafiliasi dengan komunikasi antara dua sisi, pengirim dan penerima.

Mesin-mesin telekomunikasi modern menyerupai Smartphone, Modem, ataupun Satelit yaitu hasil dari anutan dan perkembangan insan untuk mencapai hal yang lebih baik.

Teknik Telekomunikasi telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Pada tahun 200 sebelum Masehi, insan berkomunikasi memakai asap untuk saling berkomunikasi dari jarak jauh. Tentu saja komunikasinya sangat terbatas dan tidak terlalu efektif alasannya yaitu akan diketahui oleh orang lain yang melihat asap tersebut.

Lalu pada era ke 12, Sultan Nur-ed-din dari Aleppo memakai Merpati untuk saling bertukar pesan. Jarak yang dipakai pun cukup jauh yaitu dari Mesir ke Irak. Mengirim pesan melalu merpati cukup terkenal dan banyak kita lihat di dalam film-film Hollywood.

Pada tahun 1844 ditemukan alat komunikasi gres yang jauh lebih efektif dari burung merpati yaitu Telegraf. Samuel Morse berhasil mengirimkan pesan pertamanya lewat telegraf dari Washington D.C ke Baltimore Maryland.Telegraf merupakan mesin komunikasi pertama yang memakai sinyal elektrik.




Lalu muncul telepon kabel yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara jarak jauh melalu bunyi secara pribadi bukan lagi memakai kertas. Telepon kabel  berkembang sangat pesat dan menjadi terkenal di kalangan masyarakat menengah ke atas sesudah perang dunia ke II usai.

Telepon genggam melanjutkan terobosan di bidang komunikasi jarak jauh. Tepatnya pada tahun 1973 Martin Cooper menyebarkan telepon yang sanggup dibawa kemana-mana. Walaupun secara bobot masih tidak proporsional sekitar 2 kg.

Telepon genggam ini semakin canggih dari tahun ke tahun dari mulai hanya sanggup berkomunikasi lewat bunyi sampai bisa mengirim SMS (Short Massage Service), MMS (Multimedia massaging Service),  dan sanggup terkoneksi ke dalam Internet (Internasional Network).

Saat ini telekomunikasi lebih banyak memakai Internet alasannya yaitu biaya yang lebih murah khususnya untuk berkomunikasi lewat suara.

Mesin-mesin telekomunikasi sudah melampaui apa yang insan pikirkan ketika hanya memakai asap untuk sanggup berkomunikasi dari jarak jauh.

Bagaimana Prospek Teknik Telekomunikasi di bidang Industri ?

Teknik telekomunikasi dikala ini terus berkembang. Di Indonesia sendiri masih banyak tempat yang kesulitan untuk mendapatkan sinyal yang baik biar sanggup berkomunikasi secara lancar dimanapun berada.

Banyaknya area yang tidak terjangkau oleh sinyal ini mengakibatkan Indonesia masih potensial untuk Industri telekomunikasi. Selain pengembangan teknologi dari 2G, 3G, 4G, kemudian dikala ini kota besar sudah mulai menyebarkan 5G, area-area yang tak terhubung ini sanggup menjadi ladang industri bagi para operator komunikasi.

Persoalan dalam bidang telekomunikasi di Indonesia bersama-sama masih sangat banyak bahkan di kota-kota besar sekalipun para pengguna layanan komunikasi masih mengeluhkan buruknya kualitas layanan, khususnya dalam hal koneksi Internet.

Jadi, Teknik Telekomunikasi masih menjajnjikan?

Untuk kalian yang gres masuk atau akan masuk atau masih dalam tahap pikir-pikir untuk masuk dunia telekomunikasi.

Saya mempunyai saran untuk kalian menentukan bidang lain bila kalian ingin pekerjaan yang kondusif dan tentram.

Bekerja di bidang telekomunikasi artinya kalian harus mempunyai kemampuan atau skill biar sanggup bersaing dengan engineer lainnya yang lebih senior.

Kalian harus terus berguru setiap tahunnya alasannya yaitu selalu ada teknologi gres dan problem gres yang akan muncul.

Gaji? Jangan berharap honor besar dalam waktu cepat bila kalian berada di bidang Telekomunikasi. Sekarang ini honor di bidang telekomunikasi telah mengalami kemerosotan yang sangat tajam dibanding 10 tahun kemudian dimana dikala itu teknik telekomunikasi disamakan dengan bidang pertambangan.

Akan tetapi, bila kalian sudah mempunyai skill yang mencukupi maka honor besar akan sangat mungkin kalian terima.

Bekerja di bidang telekomunikasi butuh proses kalau kalian ingin cepat kaya lebih baik pilih bidang lain.

Kuliah Teknik Telekomunikasi, Mata kuliahnya apa saja?

Bila kalian yakin untuk menentukan bidang teknik telekomunikasi maka kalian akan mempelajari perkembangan komunikasi dari mulai 1G, 2G, 3G, 4G, 5G, sampai teknologi terbaru di bidang telekomunikasi.

Kalian juga akan mempelajari secara rinci apa itu komunikasi jarak jauh. Kalian akan berguru mengenai gelombang, komponen elektronika, antena, software untuk menciptakan alat komunikasi, programming, juga networking.

Praktek akan menyenangkan dan teori akan membingungkan, setidaknya itu berdasarkan saya.

Lulusan Teknik Telekomunikasi jadi apa?

Lulusan teknik telekomunikasi secara khusus sanggup kerja di Operator Seluler menyerupai Telkom, Telkomsel, Xl Axiata, Indosat Ooredo, atau Smartfren. Kalian juga bisa bekerja di stasiun televisi, menjadi progremmer, dan banyak sekali bidang yang membutuhkan komunikasi.

FYI: Hampir setiap perusahaan membutuhkan komunikasi khusunya melalui PC, Laptop, atau komputer kantor mereka. Kalian bisa bekerja di bidang networking untuk problem ini.

Lulusan teknik telekomunikasi mempunyai pilihan yang sangat luas, akan tetapi yang menjadi problem yaitu bila kalian sudah membisu dalam satu bidang contohnya security networking maka kalian akan sulit untuk pidah ke bidang lain.

Karena posisi di dalam sebuah pekerjaan teknik akan sangat spesifik. Jadi, bila kalian sudah terjun dalam satu bidang usahakan untuk banyak berguru biar tidak tertinggal atau bila kalian merasa kurang cocok segeralah pindah sebelum kalian menyesal.

Bagaimana honor lulusan teknik telekomunikasi ?

Perusahaan besar akan memberi besar dan sebaliknya. Yang menjadi pertanyaan yaitu seberapa banyak perusahaan besar yang mendapatkan teknik telekomunikasi? Dan seberapa banyak lulusan teknik telekomunikasi setiap tahunnya.

Bila kalian masuk perusahaan dengan honor kecil, saran aku tetaplah bertahan dan berguru sebanyak mungkin alasannya yaitu skill kalian akan sangat menentukan karir kalian.
Yang sudah mempunyai honor besar? Disykuri aja bro..

Demikian sekilas wacana teknik telekomunikasi, Selamat berpikir J


Referensi: