Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Beberapa Tips Meningkatkan Kemampuan Otak Beberapa Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Tidak semua orang lahir dengan otak yang jenius, yang berdasarkan banyak orang sebagai syarat untuk berprestasi. Itu tidak berarti bahwa kemampuan otak anda yang biasa saja tidak sanggup berprestasi melebihi mereka yang cerdas dan jenius. Semua tergantung dari bagaimana anda memaksimalkan kemampuan kerja otak anda. Seperti halnya otot kita, semakin sering kita menggunakannya dan melatihnya, maka semakin besar dan kuat kemampuannya. Begitu juga dengan otak kita.

Jika anda ingin meningkatkan kemampuan otak anda yang mencakup kesadaran mental, peningkatan memori, dan peningkatan kewaspadaan, berikut ialah cara-cara gampang yang bisa anda lakukan :

Olahraga

Kita tahu olahraga baik untuk kesehatan badan kita. Tapi pernahkah kita berpikir bahwa olahraga juga baik untuk otak kita? Lebih dari 20% darah dan oksigen yang mengalir dalam badan kita, dialirkan pribadi dari jantung menuju otak.

Olahraga, terutama latihan kardio (jantung), secara efektif akan meningkatkan anutan darah ke otak. Selain itu anda juga bisa mencoba Yoga, dimana banyak posisi-posisi Yoga yang khusus untuk mendapatkan anutan darah dari jantung ke otak lebih cepat, dengan posisi kepala lebih rendah dari posisi jantung.

Namun kalau anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga atau dalam keadaan tergesa-gesa, hal sederhana ibarat membuka jendela ruangan dan mendapatkan udara yang segar, sudah cukup untuk memperlihatkan kesejukan pada otak anda.

Hidrat

Dalam keadaan yang melelahkan dan anda butuh minuman penyegar, sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein. Memang, kafein yang terdapat pada kopi maupun minuman bersoda, dalam waktu singkat bisa memperlihatkan kesejukan pada otak anda. Tetapi dalam jangka waktu yang panjang, menciptakan anda merasa lebih lelah sebab terjadi kehilangan cairan tubuh pada otot dan penyempitan pembuluh darah. Dalam jumlah yang besar, kafein akan memperlihatkan duduk masalah pada sistem pencernaan anda, sebab kafein merangsang kontraksi pada usus.

Apa yang bisa menggantikan kafein sebagai penyegar? Air putih, merupakan cara yang sangat sederhana untuk menyegarkan otot dan otak anda. Selain gampang didapat, harganya juga sangat terjangkau.

Rangsang Panca Indera

Hukum alam menyampaikan ada agresi maka ada reaksi. Otak kita mempunyai 2 fungsi utama, yaitu sensorik dan motorik. Meningkatkan kemampuan otak bisa dilakukan dengan memperlihatkan rangsangan pada indera kita. Seperti halnya dikala kita tiba-tiba merasa lapar sehabis mencium anyir kuliner yang sedap, rangsangan yang diterima panca indera akan merangsang otak untuk beraktifitas.

Contoh lain, warna pink merupakan perangsang nafsu birahi pada sensor visual. Atau warna dekorasi ruangan kantor yang cerah bisa mengurangi rasa kebosanan dan kelelahan.

Aromaterapi secara efektif bisa menciptakan badan menjadi lebih rileks. Begitu juga dengan musik yang bisa dinikmati dikala sedang santai.

Pada indera pengecap, permen papermint dipercaya bisa meningkatkan memori otak sehingga bisa mendapatkan informasi secara efektif.

Kebahagiaan

Fungsi otak, terutama memori, tidak bekerja dengan baik dikala sedang stres. Jika anda tegang, kecapaian, atau sedih, kemampuan memori dan kewaspadaan anda menjadi jauh berkurang.

Dalam hidup ini kita mustahil bisa menghindari stress, tapi kita bisa menghadapi stress tersebut. Yang bisa anda lakukan ialah mencoba untuk menghilangkan dampak stress terhadap kehidupan dan pekerjaan anda. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menciptakan anda bahagia, bersama keluarga ataupun bersama teman-teman anda.

Cara lain yang bisa dilakukan dikala kita sedang stress yaitu dengan berlatih teknik relaksasi ibarat yoga, mandi air hangat, atau pijat relaksasi.

Bermain Game Sederhana

Penelitian yang dilakukan pada penderita Dementia, mengambarkan bahwa permainan kata-kata dan teka-teki sanggup meningkatkan bahkan memulihkan kemampuan mental dan kognitif mereka. Permainan sederhana tersebut merupakan cara yang sempurna untuk meningkatkan kemampuan otak. Karena otak dilatih untuk merespon dan bekerja untuk memecahkan suatu masalah.

Jenis permainan yang terbaik untuk melatih kemampuan otak ialah permainan strategi, dimana dibutuhkan lebih banyak kerja otak secara konstan.

Menonton Televisi

Acara televisi yang dianjurkan disini ialah program yang berkualitas, dimana tidak semua program televisi berkualitas. Para jago mengindikasikan bahwa program televisi yang bisa meningkatkan kemampuan otak ialah program yang bisa mengajak kita untuk ikut berpikir. Misalnya ialah program game atau kuis.

Menjelajah Internet

Penelitian yang dilakukan di University of California - Los Angeles mengambarkan bahwa menjelajah internet (surfing) bisa merangsang otak untuk bekerja maksimal dalam menciptakan keputusan dengan pertimbangan-pertimbangan yang kompleks. Dan Scan Otak yang dilakukan memperlihatkan bahwa lebih banyak syaraf-syaraf otak yang aktif dikala kita menjelajah internet daripada membaca buku.

Internet ialah dunia tanpa batas dimana anda bisa menerima lebih banyak informasi diluar pendidikan formal anda. Belum lagi, dalam internet terdapat banyak jenis permainan online asah otak yang bisa menciptakan anda menjadi lebih pintar. Semakin sering anda menjelajah internet, semakin sering pula otak anda bekerja.

Diet

Untuk meningkatkan kemampuan otak anda, juga dibutuhkan nutrisi untuk otak. Sumber utama nutrisi untuk otak ialah protein. Tetapi tidak secara otomatis protein bisa meningkatkan kemampuan otak, tanpa sumbangan dari beberapa vitamin dan mineral penting. Misalnya Vitamin A, untuk melindungi membran otak. Vitamin B, penting untuk vitalitas dan pertumbuhan neuron. Vitamin C, sangat penting untuk peningkatan fungsi otak. Vitamin E, untuk mencegah kemunduran fungsi otak. Magnesium, untuk menjaga kelangsungan proses metabolisme neuron. Zinc, berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Dan Asam Amino, dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan neurotransmitter.

Sebisa mungkin hindari perhiasan untuk nutrisi otak, sebab dengan mengkonsumsi banyak perhiasan justru bisa merugikan anda. Sebaiknya nutrisi untuk otak anda berasal dari kuliner kita sehari-hari. Dan kalau kondisi fisik anda yang mengharuskan anda mengkonsumsi suplemen, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Minyak Ikan

Para jago gizi menyarankan kita untuk sering mengkonsumsi minyak ikan sebab minyak ikan bisa menciptakan otak jadi cerdas. Karena minyak ikan banyak mengandung Omega-3 Fatty Acids Eicosapentaenoic Acid (EPA), dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang berguna untuk menjaga tingkat dopamine di otak tetap tinggi, meningkatkan pertumbuhan neuron di korteks, dan meningkatkan sirkulasi otak. Dengan kata lain, Fatty Acids menciptakan kerja otak menjadi efisien.
Tetapi juga perlu diketahui bahwa mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang besar, meningkatkan resiko untuk keracunan mercury.

Obat Alami

Asia, termasuk Indonesia populer dengan pengobatan alami-nya. Terdapat banyak macam obat-obatan alami yang sudah diteliti terbukti berguna sebagai pemacu kerja otak dan otot, dan yang paling populer ialah Ginkgo Biloba dan Ginseng. Bahkan obat medis tidak mempunyai imbas yang lebih kuat dari Ginkgo, ibarat meningkatkan sirkulasi darah otak, dan meningkatkan kemampuan kognitif. Sedangkan Ginseng yang dianggap sebagai ikon obat Asia, mempunyai imbas neurologis yang sangat kuat. Selain bisa mengembalikan dan meningkatkan energi tubuh, Ginseng bisa membantu otak mengikuti keadaan dengan distributor stress dengan cara meningkatkan produksi hormon adrenalin. Efeknya, menetralisir penyebab stress yang menghipnotis otak, dan menghilangkan tanda-tanda stress utama yaitu rasa gelisah.

Belajar Sesuatu Yang Baru

Ini terperinci tidak semudah yang dikatakan. Sangat sedikit orang yang bisa memanfaatkan waktunya untuk berguru suatu pengetahuan dan ketrampilan diluar kepentingan pekerjaannya ataupun studinya. Belajar suatu bahasa asing, berguru menciptakan suatu kerajinan tangan, atau berguru sesuatu yang aneh bagi kita sebelumnya bisa meningkatkan perkembangan otak, dan merangsang bagian-bagian otak yang sudah usang tidak dipakai ataupun belum pernah dipakai sebelumnya.

Banyak yang beranggapan bahwa berguru sesuatu yang tidak berafiliasi dengan aktifitasnya, hanya akan membuang-buang waktu saja. Jelas anggapan itu salah. Cobalah untuk mempelajari sesuatu yang gres hanya 15 menit saja sehari. Dalam beberapa ahad anda akan melihat perkembangan yang luar biasa dalam diri anda. Anda akan mempunyai wawasan yang luas, mempunyai lebih banyak teman, dan tentu saja akan sangat besar lengan berkuasa konkret dalam kehidupan anda.

Jangan Buang Waktu

Albert Einstein, salah satu ilmuwan paling populer mengajarkan kita teori relativitas dan beberapa nasehat penting, salah satunya “Jadikan segala sesuatu semudah mungkin”. Otak anda tidak akan bekerja maksimal kalau dipenuhi dengan hal-hal yang rumit. Jalan terbaik ialah menata pikiran anda untuk meringankan beban anda.

Maksimalkan waktu anda dengan sedikit perubahan pada diri anda. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. Jika anda punya waktu luang sekarang, maka kerjakan apa yang bisa meringankan waktu anda nanti. Buat jadwal harian dan prioritas jangka panjang.

Jika memungkinkan cobalah untuk melaksanakan pekerjaan secara bersamaan. Contoh orang Jepang, dikala mengantri di loket selalu membawa buku untuk dibaca. Bagi mereka waktu sangat penting untuk dibuang percuma, meskipun hanya 5 menit untuk mengantri tiket.

Meningkatkan Memori

Pada dasarnya, ada 3 cara seseorang untuk mengingat sesuatu yaitu melihat, mendengar , dan bekerja. Misal pelajar, cara berguru mereka berbeda-beda. Ada yang cepat mengerti sesuatu dengan membaca, ada yang dengan mendengar ucapan guru, dan ada yang dengan cara menulis.

Jika anda ingin meningkatkan memori anda, ketahui dulu mana diantara 3 cara tersebut yang paling cepat menciptakan anda ingat sesuatu. Kemudian lakukan pengulangan cara tersebut sehingga memori anda lebih kuat.

Tidur

Ketika anda lelah berpikir, istirahat saja tidak cukup efektif untuk mengakibatkan otak kembali fresh. Yang anda butuhkan ialah tidur. Memang waktu tidur yang dibutuhkan tiap orang tidak sama. Tetapi kalau anda paksakan otak anda untuk berpikir dikala otak sudah lelah, maka hal itu akan menjadi tidak maksimal.

Jika anda mengalami gangguan susah tidur, ada cara yang efektif untuk mengatasinya. Baca buku dikala akan tidur, dan pastikan bacaan tersebut ialah dongeng fiksi. Karena kalau anda membaca buku non-fiksi atau ilmu pengetahuan, akan menciptakan otak anda berpikir dan semakin susah untuk tidur. Jika anda merasa tidur malam anda tidak cukup, cobalah untuk ditambah sedikit tidur siang.

Seks (khusus yang sudah menikah)

Banyak imbas yang terjadi pada badan anda selama berafiliasi seks, dan sebagian besar terjadi pada otak. Tidak ada aktivitas yang melebihi seks yang bisa meningkatkan anutan darah ke otak dan meningkatkan kemampuan kognitif secara drastis. Aktifitas seks juga bisa memproduksi hormon yang secara dramatis meningkatkan fungsi otak. Salah satunya hormon Oxytocin yang diproduksi selama aktifitas seks, akan meningkatkan kemampuan otak anda untuk berpikir jernih. Serotonin dan Dopamine yang diproduksi sehabis aktifitas seks, menciptakan otak bisa berpikir kreatif dan tenang, dan bisa menciptakan keputusan yang logis. Dan aktifitas seks juga bisa membantu anda untuk memperoleh tidur yang nyenyak dan nyaman.