Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mekanisme Dan Pelaksanaan Unbk / Cbt 2018

Ujian Nasional Berbasis Kompuer atau yang lebih dekat dikenal dengan istilah UNBK / CBT Computerized Based Test adalah sistem ujian / test yang memakai prangkat kompuer untuk menuntaskan soal-soal ujian sehingga setiap penerima tes mendapat paket soal yang berbeda-beda atau dikenal sebagia istilah auto random soal.

Ujian Nasional jenjang SMP/MTs, SMA/MA dan Sekolah Menengah kejuruan akan dilaksanakan dengan waktu yang berbeda,  Mata pelajaran yang diujikan masih tetap sama seperti  pada Ujian memakai Paper Based Test (PBT) sebelumnya. Makara setiap penerima akan mengerjakan seluruh mata pelajaran secara terkomputerisasi (CBT) dengan waktu yang sudah ditentukan.
Mekanisme Pelaksanaan UNBK 2018:

UNBK memakai model CBT semi-online. Model CBT semi-online yakni model CBT dimana koneksi internet hanya diharapkan dikala sebelum ujian untuk sinkronisasi info soal ujian dan info penerima serta sehabis ujian untuk pengunggahan data balasan penerima ujian nasional. Sedangkan pelaksanaan ujian hanya memakai jaringan lokal atau dengan kata lain tidak memerlukan koneksi jaringan internet.

Pesiapan UNBK :


  • Sekolah penyelenggara UNBK harus menyediakan server lokal. Beberapa hari sebelum ujian dilaksanakan, server lokal yang ada disekolah melaksanakan sinkronisasi data dengan server sentra (sinkronisasi info soal ujian dan info peserta). Jadwal sinkronisasi diatur dalam petunjuk pelaksanaan UNBK.
  • Peserta ujian mengakses tes secara offline dari server lokal yang ada disekolah .
  • Hasil ujian diupload ke server sentra dengan memakai kanal jaringan internet
  • Komputer Server dan Client disarankan memakai Windows 7 64 bit.
Demikian klarifikasi singkat mengenai UNBK 2018, selamat mencerdaskan bangsa.