Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sistem Warta Manajemen

Sistem isu manajemen
Sistem isu manajemen atau SIM (bahasa Inggrismanagement information system, MIS) yaitu sistem perencanaan bab dari pengendalian internal suatu bisnis yang mencakup pemanfaatan manusiadokumenteknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan dilema bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem isu administrasi dibedakan dengan sistem informasi biasa alasannya yaitu SIM dipakai untuk menganalisis sistem isu lain yang diterapkan pada kegiatan operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya dipakai untuk merujuk pada kelompok metode administrasi isu yang bertalian dengan otomasi atau santunan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusansistem pakar, dan sistem isu eksekutif.

Pengertian Menurut Para Ahli

  • Bodnar dan Hopwood ; buku Accounting Information System : Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk isu yang berguna.
  • Turban, McLean, dan Waterbe ; buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages : Sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisa, dan membuatkan isu untuk tujuan yang spesifik.
  • L. James Havery ; Sistem merupakan mekanisme logis dan rasional guna melaksanakan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berafiliasi satu sama lain.
  • Ludwig Von Bartalanfy ; Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar korelasi di antara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
  • O’brien ; Sistem yaitu sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan mendapatkan input serta menghasilkan output dalam transformasi yang teratur.
  • Azhar Susanto ; Sistem yaitu kumpulan/group dari sub sistem/bagian/komponen apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berafiliasi satu sama lain dan bekeaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan isu untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu mempunyai terusan ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi administrasi sanggup membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menuntaskan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi diharapkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).