Bilangan Dikurangi Lebih Kecil Dari Yang Mengurangi
Hasilnya Negatif ??? itu pasti.
A. LOGIKA DAN PENALARAN.
Negatif di artikan sebagai kurang atau hutang
Kenapa disini memakai Logika dan Penalaran ??
Contoh 1:
Atau buku Abdul masih Kurang 9
Kurang sembilan itu ditulis dalam bahasa matematika negatif sembilan (-9)
Contoh 2
B. CARA CEPAT MENYELESAIKAN
Contoh 1 :
6 - 15
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
6 - 15
dikerjakan dulu dengan
15 - 6 = 9
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
9 menjadi -9
sehingga
6 - 15 = -9
Contoh 2 :
300.000 - 500.000
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
300.000 - 500.000
dikerjakan dulu dengan
500.000 - 300.000 = 200.000
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
200.000 menjadi -200.000
sehingga
300.000 - 500.000 = -200.000
Contoh 3 :
123 - 456
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
123 - 456
dikerjakan dulu dengan
456 - 123 = 333
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
333 menjadi -333
sehingga
123 - 456 = -333
Contoh 4 :
321 - 456
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
321 - 456
dikerjakan dulu dengan
456 - 321 = 135
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
135 menjadi -135
sehingga
123 - 456 = -135
Contoh 5 :
123 - 987
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
123 - 987
dikerjakan dulu dengan
987 - 123 = 864
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
864 menjadi -864
sehingga
123 - 987 = -864
Sumber https://www.gurukatro.com/
Adalah sebuah pertanyaan bagaimana jikalau 567 - 623 ?, pada posting bahan Pengurangan Susun kebawah, itulah yang menjadi dasar pandangan gres untuk menciptakan posting Pengurangan dengan bilangan dikurangi statusnya lebih sedikit dari pada bilangan yang mengurangi atau bilangan yang mengurangi jumlahnya lebih besar dari pada bilangan yang dikurangi.
Jawabannya sudah terperinci tertera pada goresan pena cuilan paling atas posting ini, Pasti Negatif, praktis kan ???
yang ditanyakan disana ialah bagaimana cara menghitung digit angka paling depan ( 5 - 6 ) ???
ia! ....
7 - 3 = 4 (mudah)
6 - 2 = 4 (mudah)
tapi????
5 - 6 = ???? (sebenarnya dapat = -1)
tapi jikalau dikerjakan dengan cara menyerupai itu balasannya menjadi -144 (jelas salah)
Disinilah merasa berkewajiban untuk menjelaskan caranya melalui posting ini. Dan sebetulnya klarifikasi dapat juga secara instan. Tapi :
yang ditanyakan disana ialah bagaimana cara menghitung digit angka paling depan ( 5 - 6 ) ???
ia! ....
7 - 3 = 4 (mudah)
6 - 2 = 4 (mudah)
tapi????
5 - 6 = ???? (sebenarnya dapat = -1)
tapi jikalau dikerjakan dengan cara menyerupai itu balasannya menjadi -144 (jelas salah)
Disinilah merasa berkewajiban untuk menjelaskan caranya melalui posting ini. Dan sebetulnya klarifikasi dapat juga secara instan. Tapi :
- kadang masih ada yang bertanya negatifnya berapa?
- atau ada juga pertanyaan apa penyebab balasannya negatif ?
Karena itu pada posting ini akan dijelaskan dua tahap, yang pertama dengan logika dan penalaran, ini untuk menjelaskan pertanyaan nomor dua, dan cara pengerjaan cepat untuk menjawab pertanyaan nomor satu. (heheheheh dibalik)
A. LOGIKA DAN PENALARAN.
Negatif di artikan sebagai kurang atau hutang
Kenapa disini memakai Logika dan Penalaran ??
Dalam pengalaman sesudah sekian usang mengasuh akseptor didik, kadang menemui anak yang cukup kritis dengan menanyakan, mengapa balasannya sejumlah itu (negatif). Berbagai cara telah coba untuk menuntun biar ia dapat memahami bilangan imajiner tersebut. Misalnya dengan bercerita perihal seorang yang seharian bekerja tetapi hanya mendapat uang sebanyak 10.000, padahal hutang di warung yang harus dibayar hari ini sejumlah 15.000, dan jikalau uang 10.000 itu untuk membayar hutang, maka ia masih tetap punya hutang sejumlah 5.000.
Hutang 5.000 itu di tulis -5.000
dan beberapa cara dongeng yang lainnya ....
Contoh 1:
- Abdul gres mempunyai 6 buku tulis padahal kebutuhan buku tulis untuk kelas enam ialah 15
Dengan dongeng diatas niscaya kita telah mengetahui bahwa sekarang Abdul sedang mengalami kekurangan buku sebanyak 9 eksemplar
Atau buku Abdul masih Kurang 9
Kurang sembilan itu ditulis dalam bahasa matematika negatif sembilan (-9)
Contoh 2
- Tabungan bu Katro telah dibuka, sesudah dihitung semuanya, ternyata uang tabungan itu sejumlah Rp. 300.000,-. Uang itu akan dipakai untuk membeli sepeda adik yang harganya Rp. 500.000,-
Dari dongeng itu, dapat pribadi kita tahu jikalau bu Katro akan kekurangan uang sebanyak Rp. 200.000
Bila dipaksakan untuk membeli maka bu Katro akan mempunyai hutang sebesar Rp. 200.000,- pada toko sepeda bersangkutan.
Kurang atau hutang 200.000 itu jikalau ditulis dalam bahasa matematika = -200.000 (negatif dua ratus ribu).
B. CARA CEPAT MENYELESAIKAN
Contoh 1 :
6 - 15
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
6 - 15
dikerjakan dulu dengan
15 - 6 = 9
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
9 menjadi -9
sehingga
6 - 15 = -9
Contoh 2 :
300.000 - 500.000
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
300.000 - 500.000
dikerjakan dulu dengan
500.000 - 300.000 = 200.000
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
200.000 menjadi -200.000
sehingga
300.000 - 500.000 = -200.000
Contoh 3 :
123 - 456
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
123 - 456
dikerjakan dulu dengan
456 - 123 = 333
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
333 menjadi -333
sehingga
123 - 456 = -333
Contoh 4 :
321 - 456
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
321 - 456
dikerjakan dulu dengan
456 - 321 = 135
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
135 menjadi -135
sehingga
123 - 456 = -135
Contoh 5 :
123 - 987
dibalik dulu, yang besar dikurangi yang kecil.
123 - 987
dikerjakan dulu dengan
987 - 123 = 864
berikutnya hasil dijadikan bilangan negatif
864 menjadi -864
sehingga
123 - 987 = -864
Sumber https://www.gurukatro.com/