Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Blog Itu ?

Apa bekerjsama blog itu? 
Kalau anda ketikkan kata kunci “arti blog” di search engine akan sangat banyak definisi yang bermunculan. Misalnya Wikipedia mendefiniskan “blog sebagai aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya sanggup diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.”  

Selain definisi berdasarkan Wikipedia di atas, banyak definisi blog lainnya. Perbedaan definisi ini tentu sangat wajar. Sebab, setiap orang bebas untuk menyampaikan pendapatnya. Kalau saya amati, biasanya antara definisi hanya berbeda pada penekanannya saja. 


Istilah blog sendiri berasal dari “web log” yang artinya buku catatan (diari) online. Ya betul-betul mirip buku harian! Karena pada awalnya, banyak yang memakai blog untuk menuangkan pengalaman pribadinya selama ini di sana. Namun dalam perkembangannya, yang ditulis bukan hanya soal pengalaman langsung saja, tapi bisa apapun. Dari goresan pena ringan hingga yang serius. Temanya juga berkisar tidak hanya tentang diri sendiri, tapi kini sudah sanggup apapun.  

Secara konten, bukan cuma sanggup diisi goresan pena saja, tapi juga sanggup diisi dengan suara (podcast) dan video (vlog= video blog). Hanya saja, hingga kini ini konten yang dominan masih berupa tulisan. Sebuah blog kini juga tidak hanya sanggup ditulis sendiri, tapi sanggup oleh beberapa orang sekaligus. 


Blog semakin populer. Pada November 2005, Google mendapat 475 juta hasil  pencarian atas kata kunci (keyword) “blog”. Tahun 2009 ini, anda akan menemukan 3 milyar hasil untuk keyword yang sama. Pada tahun 2005, blog directory technorati mencatat lebih dari 21 juta blog telah dibentuk oleh manusia. Lalu bagaimana dengan sekarang? Saat ini, blog yang ada telah mencapai lebih dari 200 juta!!  

Wow… peningkatan yang cukup fantastis bukan?  


Tak heran jika perkembangan blog sungguh luar biasa. Hambatan-hambatan yang dulu menyulitkan orang untuk menciptakan situs web, kini tak lagi ada dengan munculnya blog. Kekakuan situs web yang mirip menciptakan pengunjung berhubunganan dengan ‘benda mati’, kini dengan blog tidak lagi terjadi.

  
Blog menyerupai perwakilan abjad pemiliknya di dunia maya. Blog menampilkan mirip apa diri anda. Dan jika artikel anda disukai pengunjung, maka anda akan mudah membangun komunitas blog yang menciptakan mereka akan selalu tiba ke blog anda. Nah, ini pentingnya kenapa kemudian sejumlah blogger selalu bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan/traffic-nya. Karena dengan traffic tinggi, merupakan modal penting anda sanggup menciptakan blog menghasilkan uang.  

Selain traffic, banyak hal lain yang menunjang blog anda semoga sanggup menghasilkan uang. Ini saya akan sampaikan kemudian. 

Sumber https://shinzoiga.blogspot.com/