Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Jaringan Adhoc Di Windows

Membuat Jaringan Adhoc Di Windows - Kali ini aku akan mengembangkan ilmu mengenai instalasi dan konfigurasi jaringan adhoc. Jaringan adhoc ialah sebuah jaringan komputer yang masih dalam mode WLAN ( Wireless Local Area Network ) untuk menghubungkan beberapa perangkat ( komputer, laptop, smartphone ) semoga sanggup saling berkomunikasi dan melaksanakan pengiriman data serta gosip secara eksklusif atau sering disebut peer to peer tanpa memakai suatu access point.

Konfigurasi Jaringan Adhoc
Dalam melaksanakan konfigurasi jaringan adhoc pada windows memang cukup mudah, tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisinya, gampang dalam mengkonfigurasinya, simpel dalam segi jaringan dan yang pastinya tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam penerapannya. Untuk kekuranganya sendiri yaitu kecepatan transfer data yang belum maksimal.

Kita eksklusif saja memulai untuk melaksanakan instalasi dan konfigurasi jaringan adhoc di windows kalian masing-masing. Pertama ketikan Command Prompt ( cmd ) pada Start Menu Windows kemudian klik kanan & pilih Run As Administrator.

Setelah jendela Command Prompt telah terbuka langkah selanjutnya yaitu dengan menambahkan perintah “ netsh wlan set hostednetwork ssid=KELOMPOK-3-ZEUS mode=allow key=kelompok3 ” untuk menciptakan jaringan AdHoc memakai konfigurasi yang dipilih. Dengan keterangan ssid ialah nama jaringan AdHoc & key ialah kata kunci. Untuk lebih jelasnya anda sanggup melihat ibarat pola dibawah ini.

Tunggu dulu konfigurasi belum simpulan kita masih harus mengaktifkan konfigurasi tersebut dengan cara mengetikan perintah “ netsh wlan start hostednetwork ” untuk memulai / mengaktifkan jaringan AdHoc yang telah dibentuk kemudian terdapat perintah “ netsh wlan stop hostednetwork ” untuk menghentikan AdHoc.

Setelah simpulan melaksanakan instalasi dan konfigurasi adhoc, kita coba untuk melaksanakan pengecekan pada komputer client yang telah terhubung pada jaringan adhoc kita. Dengan cara mengetikan perintah “ ping 192.168.137.39 ” ( ip tersebut sanggup anda ganti sesuai dengan alamat jaringan yang diberikan ) langkah tersebut untuk memastikan antara Server Jaringan AdHoc & Client lain saling terhubung. Berikut untuk pola lebih jelasnya :


Langkah Percobaan Sharing File
Selelah sanggup terhubung, anda sanggup melaksanakan transfer file dalam jaringan tersebut, untuk melaksanakan anda cukup menciptakan folder pada library anda masing - masing yang akan anda share kemudian klik kanan, pilihlah share with > Specific people > pilih Everyone > pada permission level ubah menjadi read/write ( opsional ) > kemudian klik Done. Sekarang anda sanggup melaksanakan pertukaran data / gosip dalam jaringan adhoc terebut.


Semua artikel mengenai jaringan adhoc bersumber dari pendidikan formal yang diberikan di sekolahan maupun dari gosip di internet. Itu merupakan sedikit ulasan mengenai artikel Cara Membuat Jaringan Adhoc Di Windows , kurang lebihnnya aku mohon maaf dan semoga sanggup bermanfaat.


Sumber https://inponow.blogspot.com/