Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Klasifikasi & Morfologi Flora Kunyit Putih Curcuma Domestica

Klasifikasi &Morfologi Tanaman Kunyit Putih Curcuma Domestica - Tanaman kunyit putih Curcuma Domesstica sekarang semakin banyak dikenal oleh masyarakat sebagai tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya kunyit yang berwarna kuning, kunyit jenis ini bayak dicari alasannya yaitu banyak zat yang terkandung didalamnya.Klasifikasi tumbuhan kunyit putih berasal dari bangsa zingiberales, sukunya adalah   zingiberaceae, termasuk dalam marga kaemferia dan tergolong jenis  kaemferia rotundus

Morfologi tumbuhan ini yaitu sanggup tumbuh mencapai ukuran 50 hingga 75 cm. Batangnya terdiri dari pelepah yang bersusun. Memiliki daun berwarna hijau yang berbnetuk lonjong memanjang.  Ukuran daun memanjang sekitar 30 hingga 60 cm, sedangkan lebarnya 7,5 hingga 12,5 cm. Daun bab bawah agak licin namun tak berbulu.

Baca juga : Khasiat Minum Jamu Kunyit Asam Setiap Hari

Bunga tumbuhan yaitu bunga majemuk, warna mahkotanya kuning muda atau hijau muda. Kunyit putih mempunyai rimpang dengan bentuk bulat, gampang patah, serta renyah. Terdapat akar serabut halus, pada bab tengah rimpang berwarna putih kekuningan sedangkan denah luar berwarna kekuningan. Jika dibelah, aroma rimpang ibarat manga.

Morfologi Tanaman Kunyit Putih Curcuma Domestica Klasifikasi & Morfologi Tanaman Kunyit Putih Curcuma Domestica

Mengenal Beberapa Jenis Tanaman Kunyit

Mengenal beberapa jenis tumbuhan kunyit sanggup membantu kita membedakan antara kunyit satu dengan yang lain alasannya yaitu mempunyai manfaat yang berbeda bagi tubuh. Berikut ini klarifikasi mengenai beberapa jenis tumbuhan kunyit.
  1. Kunyit Kuning
  2. Kunyit ini sering dipakai untuk materi dasar obat herbal dan sering juga ditambahkan dalam masakan. Ciri utama kunyit ini pada bab dalamnya berwarna kuning pekat.
  3. Kunyit Putih
  4. Kunyit jenis ini mempunyai berwarna putih pada bab dalamnya. Jika dibelah maka aroma rimpangnya akan ibarat buah manga.
  5. Kunyit Merah
  6. Jika dilihat sekilas, kunyit merah ibarat kunyit kuning namun kunyit merah bab dalamnya berwarna lebih kemerahan. Seperti jenis kunyit lain, kunyit merah juga berfungsi bagi kesehatan tubuh.
  7. Kunyit Hitam
Kunyit hitam jarang sekali ditemukan alasannya yaitu termasuk langka. Ciri utama kunyit ini  yaitu bab dalamnya berwarna biru agak kehitaman. Jenis kunyit ini juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Baca juga : Morfologi Dan Klasifikasi Ilmiah Tumbuhan Pepaya 

Kegunaan Tanaman Kunyit Untuk Kesehatan

Kegunaan tumbuhan kunyit untuk kesehatan sudah dikenal semenjak jaman dahulu, hingga sekarang tetap dilestarikan sebagai obat tardisional yang kondusif bagi tubuh. Berikut kegunaan tumbuhan kunyit bagi tubuh.

Artikel kesehatan lainnya : Kumpulan Nama Jenis Tanaman Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan 
  1. Mencegah Kanker dan Tumor
  2. Kunyit mengandung zat antioksidan yang bisa berperan menanggulangi tumbuhnya sel tumor dan kaner di dalam tubuh.
  3. Mengurangi Resiko Alzheimer
  4. Zat yang terkandung di dalam kunyit bisa melindungi otak sehingga terhindar dari penyakit radang otak yang mengakibatkan Alzheimer.
  5. Mengobati Tifus dan Radang Lambung
  6. Zat antibakteri yang terkandung didalam kunyit sanggup dijadikan sebagi obat tifus dan       radang lambung.
  7. Mengatasi banyak sekali jenis radang
  8. Zat yang terkandung didalam kunyit merupakan zat anti kuman yang sangat mempunyai kegunaan       untuk proses menyembuhan radang akhir infeksi. Penyakit yang bisa disembuhkan contohnya radang tenggorokan, radang sendi.
  9. Detoksifikasi
  10. Kunyit sanggup membantu memudahkan proses pengeluaran racun-racun dalam badan atau sering disebut detoksifikasi.
Pasti anda belum pernah baca yang satu ini : Apa Itu Kopi Luwak? Mengenal Lebih Dekat Kopi Termahal Di Dunia


Demikianlah klarifikasi mengenai tumbuhan kunyit putih Curcuma Domesstica, jenis-jenis tumbuhan kunyit dan kegunaan tumbuhan kunyit bagi tubuh. Tanaman ini banyak dipakai sebagai materi obat herbal atau obat tradisional. Untuk mengkonsumsinya cukup mudah, bahkan anda bisa membeli obat herbal yang sudah diracik dan siap minum.

Jangan lewatkan pula update : Rahasia Dibalik Warna Buah Buahan - Khasiat dan Manfaat  

Diatas yaitu klasifikasi &morfologi tumbuhan kunyit putih curcuma domestica. Manfaat yang besar dari tumbuhan kunyit sangat disadari semenjak jaman dahulu hingga ketika ini. Tanaman ini juga sangat gampang didapatkan, oleh alasannya yaitu itu sekarang anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi obat alami yang berasal dari kunyit.