Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sukses Menabung Hanya Dengan 3 Langkah

Tidak diragukan lagi bahwa menabung memerlukan banyak tekad, perjuangan dan kemauan yang terus menerus. Selain bermanfaat, menabung juga memperlihatkan imbas psikologis yaitu rasa aman. Ingin berlibur, membeli mobil, membeli rumah di lingkungan yang bagus, atau hanya membeli sepasang sepatu? Jika Anda tidak mempunyai uang yang disimpan atau tabungan, Anda mungkin akan sulit untuk mewujudkan hal-hal tersebut.
Manfaat menabung antara lain:

- mempunyai jaminan finansial untuk sanggup menghadapi yang tak terduga
- melunasi hutang Anda dan “bernafas” lebih lega
- melihat masa depan dengan percaya diri
- memperlihatkan Anda sarana untuk pergi berlibur kemanapun sesuai impian Anda

Berikut 3 langkah cara sukses menabung:

Tidak diragukan lagi bahwa menabung memerlukan banyak tekad Sukses Menabung hanya dengan 3 Langkah
1. Buatlah anggaran

Membuat anggaran bulanan sangat penting kalau Anda ingin menabung dengan cara yang strategis. Meskipun memerlukan pengorganisasian dan disiplin, pendekatan ini layak dicoba kalau Anda benar-benar ingin mempertahankan kontrol terhadap keuangan Anda. Rinci semua pengeluaran Anda dan tulis setiap item pengeluaran secara hati-hati dan teliti. Menulis anggaran ini akan memberi Anda citra ihwal kondisi keuangan Anda dan memperingatkan Anda untuk bereaksi dengan cepat kalau situasi keuangan Anda berada dilampu kuning sebelum kondisi keuangan Anda menjadi lebih buruk.

Tidak diragukan lagi bahwa menabung memerlukan banyak tekad Sukses Menabung hanya dengan 3 Langkah
2. Mempersiapkan dana pengaman

Jika anggaran Anda seimbang atau memperlihatkan surplus, lampu hijau bagi Anda untuk mulai menabung uang. Dana pengaman ialah cara terbaik untuk berkemas-kemas menghadapi keadaan yang tak terduga. Mengapa? Dana pengaman membantu Anda menutup biaya tak terduga tanpa harus menentukan antara, misalnya, memperbaiki atap rumah yang bocor atau pergi berlibur. Dana tabungan pengaman juga terbukti akan sangat berkhasiat kalau Anda kehilangan pekerjaan Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk membayar pengeluaran bulanan Anda tanpa khawatir kalau Anda sakit atau memperlihatkan ketenangan pikiran selama Anda mencari pekerjaan yang lain. Berapa? Tujuan dana pengaman ini ialah memungkinkan Anda untuk sanggup membayar pengeluaran rutin Anda untuk jangka waktu minimal 3 bulan. Sebagai contoh, kalau biaya yang biasa Anda keluarkan perbulan total 2 juta, maka jumlah yang tersedia dalam dana pengaman Anda harus setidaknya 6 juta. Dan alasannya Anda akan memakai uang itu dalam keadaan darurat, Anda harus sanggup menguangkannya dengan mudah, simpan direkening tabungan misalnya. Bagaimana? Jika Anda pada anggaran yang terbatas, mulailah dengan menabung hanya beberapa puluh ribu setiap minggu. Selalu ada cara untuk mengurangi biaya belanja tertentu contoh: aksesoris kendaraan, asuransi rumah, makan di restoran dikurangi, nonton bioskop tidak setiap minggu, meminimalkan pembelian tidak terpola dan lain-lain.

Tidak diragukan lagi bahwa menabung memerlukan banyak tekad Sukses Menabung hanya dengan 3 Langkah
3. Menabung secara sistematis

Bayar diri Anda terlebih dahulu. Untuk menghemat, Anda harus mengambil langkah-langkah drastis dan termasuk biaya dalam anggaran Anda. Perlakukan diri Anda sama menyerupai tagihan-tagihan lain yang harus Anda bayar. Inilah yang dimaksud “bayar diri Anda terlebih dahulu”.

Gunakan transfer otomatis. Bila uang otomatis ditransfer ke rekening tabungan setiap bulan, itu akan menciptakan Anda tidak memikirkannya lagi, menyerupai dana yang hilang dan seolah-olah Anda tidak pernah menerimanya.


Menahan godaan. Jika Anda menyimpan uang yang telah susah payah ditabung dalam rekening yang terlalu gampang untuk diakses, Anda mungkin akan terpengaruhi untuk mengambil “sedikit” dikala Anda membutuhkan uang tambahan atau untuk manjakan diri Anda dengan sesuatu yang istimewa. Investasikan tabungan Anda, kecuali tabungan ditujukan untuk proyek jangka pendek (liburan, beli hadiah, dll).


Menetapkan sasaran yang realistis. Usahakan menempatkan minimal 10% hingga 15% dari penghasilan Anda ke tabungan. Ini tidak akan gampang pada awalnya, tapi dengan berjalannya waktu Anda akan terbiasa untuk disiplin. Semakin banyak Anda simpan, semakin cepat tabungan Anda akan tumbuh. Apalagi kalau Anda simpan direkening deposito atau diinvestasikan dalam produk investasi.

Semoga 3 langkah cara sukses menabung ini sanggup membantu Anda mencapai tujuan finansial yang Anda inginkan.

Sumber https://shinzoiga.blogspot.com/