Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Modulasi Beserta Perbedaan Modulasi Am, Fm, Pm

Pengertian Modulasi Beserta Perbedaan Modulasi AM, FM, PM  - Kali ini aku akan membuatkan isu mengenai modulasi, anda tahu kenapa? ya alasannya yakni aku sedang berguru mengenai modulasi di sekolah saya. Modulasi merupakan suatu proses perubahan gelombang periodik yang bermetamorfosis satu kesatuan sinyal yang sanggup membawa informasi.

Apakah anda tahu mengenai gelombang periodik itu sendiri? Saya akan beri tahu jikalau anda lupa, gelombah periodik yakni gerakan gelombang secera teratur serta berulang-ulang yang mempunyai sumber berupa gangguan yang berkelanjutan dan bergerak, yaitu sanggup berupa getaran atau osilasi.

Modulasi AM
Modulasi sendiri mempunyai 3 jenis modulasi yaitu modulasi AM, FM, PM dimana dari setiap jenisnya mempunyai perbedaan yang sangat spesifik. Kita mulai dengan modulasi AM, Modulasi AM ( Amplitude Modulation ) yakni proses menumpangkan sinyal isu menuju sinyal pembawa sehingga amplitudo gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan sinyal informasi.

Lihat Juga : Perbedaan IPV4 dan IPV6

Lebih Lengkap Mengenai Modulasi AM
Pada dikala sebuah gelombang pembawa dimodulasi oleh gelombang sinyal secara modulasi AM, maka amplitudo gelombang pembawa itu akan berubah sesuai dengan perubahan simpangan gelombang sinyal. Pengertian singkatnya, Modulasi AM yakni salah satu bentuk modulasi  yang amplitudo sinyal pembawa di variasikan secara proposional menurut sinyal pemodulasi (sinyal informasi).

Dalam penerapan modulasi AM ini sanggup kita jumpai pada penyiaran radio komersil atau radio penyiaran milik swasta dan biasanya penggunaan modulasi AM mempunyai kelemahan diantaranya yaitu kualitas bunyi yang kurang baik, rentan terhadap gangguan sinyal gelombang dan mempunyai bendwith (lebar pita) yang kecil . Pada modulasi ini juga mempunyai kelebihan yaitu mempunyai range jangkauan yang lebih luas dari pada gelombang FM.

Frekuensi sinyal pembawa ( carrier ) pada modulasi AM biasanya merupakan sinyal pada  rentang antara 20 Hz hingga dengan 20 kHz, frekuensi sinyal pembawa biasanya berupa sinyal radio pada rentang frekuensi tengah yaitu diantara 300 kHz hingga dengan 3 Mhz.

Modulasi FM
Kita lanjutkan untuk mulai membahas jenis modulasi berikutnya yaitu modulasi FM ( Modulasi Frekuensi ) yakni subuah sinyal isu mengubah frekuensi sinyal pembawa ( carrier ). Besarnya frekuensi sinyal pembawa akan berbanding lurus dengan amplitudo sinyal pemodulasi.

Baca juga : Perbedaan HTTP Dengan HTTPS, Inilah Perbedaannya

Frekuensi gelombang carrier akan berubah seiring perubahan sinyal bunyi dan mempunyai gelombang pembawa ( carrier ) relatif tetap, untuk melaksanakan sebuah penguatan sinyal biar sanggup dikirim jauh atau memperluas range jangkauan sanggup dipancarkan memakai antena.

Lebih Lengkap Mengenai Modulasi FM
Modulasi FM memerlukan bandwith yang lebih lebar dari pada modulasi amplitudo dan FM lebih tahan terhadap gangguan sehingga dipilih untuk sebagai modulasi standart untuk frekuensi tinggi sehingga gelombang FM bebas dari imbas gangguan udara alasannya yakni mempunyai bandwidth (lebar pita) yang lebih besar, dan fidelitas yang tinggi. Pada modulasi ini mempunyai hasil bunyi yang lebih jernih dari pada AM.


Modulasi PM
Lanjut lagi kita ke jenis modulasi yang terakhir yaitu modulasi PM ( Phase Modulation ) yakni proses modulasi yang mengubah fasa sinyal pembawa sesuai dengan sinyal pemodilasi atau pemodulasinya. Memiliki amplitudo dan frekuensi yang dimiliki sinyal pembawa tetap, akan tetapi fasa sinyal pembawa ( carrier ) berubah sesuai dengan informasi.


Lebih Lengkap Mengenai Modulasi PM
Pada modulasi ini jarang yang ada memakai alasannya yakni memerlukan perangkat keras akseptor yang lebih kompleks atau lebih rumit. Phase Modulation memakai perbedaan sudut dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital, mempunyai amplitudo dan frekuensi tetap akan tetapi mempunyai fasa yang berubah-ubah. Modulasi ini biasanya dipakai untuk pengiriman data dalam jumlah yang lebih banyak dan dalam kecepatan yang tinggi.

Itu merupakan sedikit ulasan mengenai ini yang merupakan sumber pengalaman pembelajaran aku baik dari pendidikan formal ataupun internet. Sekian dari artikel Pengertian Modulasi Beserta Perbedaan Modulasi AM, FM, PM , kurang lebihnya mohon maaf dan semoga sanggup bermanfaat.
Sumber https://inponow.blogspot.com/