Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

An7164 Amplifier 12V Dengan Output 30W

in Memorial ......

IC AN7164 yakni kenangan kekaguman kedua bagi sehabis sebelumnya pernah ter kagum-kagum oleh kinerja IC AN7145, yang terjadi pada jaman dahulu kala, di jaman pra-SEJARAH ... eh maksudnya pra-PLN alias sebelum jala jala bin jaringan listrik PLN merambah masuk ke kampung halaman .

Masih teringat kala itu  antara tahun 1990 sampai tahun 1995 an ... 
  1. Seperangkat Portable Tape Recorder mono brand UNICO yang beli dari sobat sejawat seharga Rp 9.000,00. Pada piranti itu disediakan external supply aki 12 volt, bahkan antiknya lagi internal supply hanya dengan 6 gelintir kerikil baterai ( 9volt ), kok bisa yah ... menghasilkan kualitas bunyi se DAHSYAT itu ??? ckckck .... sehabis dibuka ... ternyata Final Amplifiernya memakai IC AN7145
  2. Beberapa waktu kemudian tiba lagi klien .... hihihi bahasanya, membawa seperangkat Tape Deck brand SEIKO, dengan BOX yang terbuat dari materi TRIPLEX ... ketika itu keluhan sang klayen hanyalah minta supaya radio FM nya bisa menjadi lebih peka, dan bila ada bass tiba frekuensi gelombang radio tidak bergeser saja. Setelah selesai reparasi instan dengan cara ganti memakai receiver (Tuner FM) rakitan, .... tinggal checksond, .... dan taernyata suaranya juga cukup dahsyat, speaker salon yang hanya 10 inch itu bisa mengeluarkan bass yang sangat aduhai ....., sehabis di lirik ... Final Amplifier memakai IC AN7164.



Sebenarnya pada jaman aki dulu sudah beberapa kali mencoba mencontek denah IC AN7164 baik dari PCB produk Seiko maupun Polytron. Tapi 100% gatot .... alasannya yakni belum menyadari bahwa kaki 6 yakni mute.

Antiknya lagi mute pada kaki 6 ini sistem kerjanya berbanding terbalik dari semua IC yang pernah contek skemanya.

Bila IC lain yang pernah buat skemanya kaki mute dikosongkan IC bekerja, sementara bila diberi tegangan IC akan off.
  1. Sedangkan AN7164 sebaliknya, yaitu bila kaki mute dikosongkan berarti IC off dan bila kaki mute di beri tegangan 5 volt, IC ini akan bekerja.
  2. Bahkan parahnya lagi pada keadaan tertentu walaupun kaki 6 sudah diberi 5V namun IC bisa tidak bekerja juga ???, jangan khawatir .... ada solusinya yaitu dengan memberi tegangan 5v/0,5ma ke kaki 1(diambil dari kaki 6 : mute), maka IC akan bekerja kembali.
Kedua kasus itulah yang pada jaman dulu menciptakan putus asa sampai tak mau lagi mencoba menciptakan sendiri power amplifier dengan simpulan IC AN7164.

Setelah mempelajari kinerja IC AN7164 dari datasheet nya, kali ini memberanikan diri untuk ber eksperimen merangkai Power Amplifier dengan simpulan IC AN7164, tidak mengecewakan ... hanya dengan single supply 12 volt (bisa satu aki) namun bisa menghasilkan daya output maksimal 30 watt, itu bila diberi tegangan 21 volt dengan impedance speaker 8Ω

Sementara bila hanya diberi tegangan 12 volt dan speaker 8Ω, mungkin hanya akan bisa mengeluarkan daya output sebesar 15 watt. Namun pada umumnya kebanyakan speaker salon yang kita beli mempunyai impedansi 4Ω, sehingga mungkin akan tetap bisa menghasilkan maksimal 30 watt, bahkan mungkin bisa 34 watt, tapi tentunya dengan resiko IC akan cepat panas.


Skema IC AN7164 yang copas dari datasheet yakni menyerupai ini :



Terlihat terang disana bila kaki 1 menerima asupan tegangan dari dari kaki 6 (mute) dengan saringan satu buah dioda dilanjut seri dengan resistor 2K, ini niscaya bertujuan supaya sekalian mengatasi kasus yang paparkan pada nomor 2 diatas. Tapi sayang belum menemukan jenis dan tipe macam mana itu dioda.

Ada perbedaan pada urusan kaki 1 itu dengan denah yang berhasil sontek dari Tape Deck Polytron, dimana dari kaki 1 hanya terpasang satu elko 10uF menuju Positif dan satu elko 100uF menuju kaki Negatif, menyerupai ini :



Dan sementara kaki enam kedua IC AN7164 itu di gabung, dari adonan itu dilanjut dengan resistor 5K6 kemudian menuju socket, dan parahnya terjadi saling sambung antar beberapa socket. Dari sinilah yang jaman dulu tidak mengetahui apa fungsi sambungan yang menuju kaki 6 tersebut, dan menciptakan amplifier buatan jadul itu tidak berbunyi.

Dengan demikian untuk bisa memenuhi denah dari keduanya, maka ber inisiatif  menyediakan jalur untuk keduanya, yang mau gunakan terserah pilih yang mana, PCB hasil rancangan jadi menyerupai ini :




Pada PCB made in ini selain ada pilihan kaki 1 mau menyerupai datasheet atau menyerupai Polytron, juga disediakan pengaturan supply 5 volt dengan pilihan memakai dioda zener 5 volt atau memakai IC 7805. bahkan disediakan letak elko 1000uF pada bab output sebelum sambung kabel speaker, ini diperuntukkan bagi yang ingin IC tidak cepat panas dan juga bagi yang ingin keamanan lebih untuk speaker.

1. Mulai dari kaki 1

- Yang pertama pasang elko 100uF dari kaki 1 ke GND (-)
- berikutnya Mau ikutan datasheet dengan R dan D menuju kaki 6 atau mau ikutan Polytron dengan memasang elko 10uF menuju Positif




2. lanjut ke kaki 2
- sanggup elko 100uF dari kaki 4
- kemudian seri elko 0,47uF dengan resistor 220 ohm bila ikut datasheet atau resistor 220 dulu gres milar 104 bila mau ikut polytron



3. Kaki 3 Negatif, sudah jelas, selesai ...
4. Kaki 4 sudah ke kaki 2, selesai ...
5. Kaki 5 input audio
- pasang elko 1uF untuk saringan, ada juga yang pasang capasitor ke GND



6. Kaki 6 mute

- pasang dari kaki enam resistor 5K6 bila berdasarkan polytron dan eksklusif saja bila berdasarkan datasheet.

- sumber tegangan 5v KASI DUA PILIHAN, silakan pilih yang mana

6.a. pakai zener 5v



6.b. atau bila mau pakai IC 7805




7. Kaki 7 dan kaki 10 untuk speaker ....

- Pasang penyangga dari kaki 8 dan kaki 11 dengan elko 100uF
- Pasang seri resistor 2,2 ohm dengan kapasitor 104 menuju GND
- bila diharapkan boleh juga pasang saringan output dengan elko 1000uF




8. Pasang IC AN7164 dan elko PS




9. cek  kembali apa yang telah dipasang ... eh barangkali masih ada yang keliru atau kurang sempurna

10. saatnya checksound ...

11. semoga tidak kecewa


Sumber https://www.gurukatro.com/