Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lirik Lagu Toraja Marendeng Marampa & Terjemahannya

Fotografi rumah susila Tongkonan dari Tana Toraja Sulawesi Selatan Lirik Lagu Toraja Marendeng Marampa & Terjemahannya

Selamat tiba teman-teman, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Dalam posting kali ini saya akan membahas wacana lirik salah satu lagu tempat Sulawesi Selatan yang cukup terkenal dinyanyikan bahkan hingga ke mancanegara. Lagu ini berasal dari Tator (Tana Toraja), salah satu tempat di Sulawesi Selatan dengan kebudayaan yang masih sangat kental.

Lagu Marendeng Marampa merupakan lagu tempat Toraja yang memakai bahasa setempat yang mempunyai arti Aman Tenteram. Di tempat Toraja terdapat beberapa bahasa setempat yang satu sama lain tidak terlalu berbeda jauh, diataranya bahasa Toraja-Sa'dan, Kalumpang, Mamasa, Ta'e, Talondo' dan Toala'. Suku Toraja terkenal akan ritual pemakaman, tabrakan kayu, serta yang menjadi ciri khas utama yakni rumah susila tongkonan serta motif lukisan yang khas.

Lagu Marendeng Marampa merupakan lagu yang penciptanya belum diketahui hingga kini dan telah banyak dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi lokal tempat Sulawesi Selatan, yang paling terkenal yakni yang dinyanyikan oleh Dian Ekawati. Baiklah untuk teman-teman yang sedang mencoba mempelajari lirik lagu Marendeng Marampa, berikut ini lirik lagu Marendeng Marampa beserta arti terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Lirik Toraja

Marendeng Marampa  Marendeng marampa' kadadianku Dio padang digente' Toraya  Lebukan Sulawesi  Mellombok membuntu mentanetena Nakabu' uma sia pa'lak  na sakkai Salu Sa'dang  Kami Sang Torayan Umba umba padang ki olai Maparri' masussa ki rampoi  Tang ki pomabanda penawa Ya mo passanan tengko ki  Umpasundun rongko'ki

Lirik Indonesia

Aman Tentram  Aman tentram kelahiranku Di tanah yang disebut Toraja  di Pulau Sulawesi  Dari lembah, pebukitan hingga gunungnya Terhampar sawah dan kebun yang sejuk  dialiri Sungai Sa'dang  Kami seluruh orang Toraja Di manapun tanah yang kami tuju Susah dan derita kami hadapi  Takkan menyurutkan semangat kami Karena sudah menjadi beban hidup kami Untuk meraih kesempurnaan hidup kami

Mungkin itulah yang sanggup saya tuliskan wacana lirik lagu Marendeng Marampa beserta lirik terjemahannya. Semoga goresan pena ini sanggup bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin bertanya atau memberikan balasan anda, anda sanggup menulisnya pada kotak komentar yang tersedia di bab bawah halaman ini. Sistem komentar blog ini memakai layanan Disqus, namun anda tetap sanggup berkomentar meskipun tanpa mempunyai akun Disqus. Terima kasih telah berkunjung dan hingga jumpa.