Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Noc Engineer?



NOC Engineer yakni orang yang bekerja dalam pengontrolan  dan pengawasan suatu Jaringan untuk memastikan layanan berjalan dengan baik.

NOC sendiri yakni akronim dari Network Operation Center.  NOC banyak ditemukan dalam industri Telekomunikasi dan IT (Information Technology).

Peran NOC sangat penting untuk pengontrolan suatu layanan. Beberapa jenis NOC engineer misalnya, NOC VISAT, NOC Wireless atau NOC Radio, dan NOC wireline atau NOC FO (Fiber Optik). NOC disini berperan dalam memastikan layanan sanggup di nikmati dengan baik oleh Customer atau pelanggan.

Untuk memastikan jaringan berjalan dengan baik, NOC Engineer bekerja selama 24 jam sehari. Artinya, jaringan selalu dalam pengawasan para NOC Engineer tanpa terputus. Biasanya NOC engineer bekerja dalam shifting, jadi mereka akan bergantian dalam mengawasi kondisi dari jaringan.

NOC yakni pekerjaan tim. Setiap bab tim memilki fungsinya masing-masing. Beberapa bab dari NOC Radio contohnya yakni AM (Alarm Monitoring), FM (Fault Monitoring), FLM, CM, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian ini mempunyai  deskripsi  pekerjaan (Job description) masing-masing,

AM  Engineer bertujuan untuk memonitoring jaringan selama 24 jam penuh. AM Enginner yakni orang pertama yang mengetahui adanya kerusakan atau problem dalam jaringan.  AM Engineer harus melaporkan setiap insiden yang menghipnotis kualitas dari jaringan.

FM Engineer bertujuan untuk mengawasi dan mengeksekusi aktifitas di jaringan yang bertujuan untuk memperbaiki atau menambah kualitas jaringan.

FLM Engineer bertujuan untuk merawat (maintenance) jaringan, mengawasi, dan memperbaiki jaringan yang tidak berjalan dengan baik. FLM sendiri bekerja eksklusif di lapangan dan harus selalu siap setiap waktu untuk memperbaiki jaringan yang tidak berjalan dengan baik.

NOC engineer merupakan orang-orang yang akan dihubungi pertama kali kalau terjadi problem dalam jaringan. Maka dari itu, NOC engineer harus memastikan jaringan selalu berjalan dengan baik selama 24 jam sehari.

Bila terjadi problem pada jaringan,  seorang NOC engineer harus segera melaksanakan eskalasi ke bab terkait untuk segera memperbaiki kesalahan yang terjadi. NOC engineer harus bekerja dengan cepat untuk mengurangi resiko kerugian yang diterima oleh penyedia layanan (operator).

Dalam dunia NOC, kolaborasi dalam tim yakni hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan kerjasama disini sanggup juga menjadi kerjasama multi vendor. Hal ini terjadi kalau terdapat satu operator yang menyewa jasa dua vendor atau lebih dalam satu area yang mengakibatkan dua vendor ini harus berhubungan satu sama lain walaupun berbeda kantor dan merupakan tentangan eksklusif di bidang yang sama.

Well, bagi kalian yang akan melaksanakan interview kerja untuk posisi NOC enginner.. 
Semoga Sukses!!! 😊