Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mud Dan Mush Bukan Lumpur Dan Bubur


Kali ini saya akan bahas perihal MUD dan MUSH, disini kita bukan bahas perihal Lumpur dan Bubur akan tetapi perihal sebuah aplikasi / software yang berafiliasi dengan penggunaan secara bersamaan, sepakat kita mulai saja dari pada kebanyakan pembukaan.
MUD ( Multi User Dimensi/Domain )

Sebuah MUD (awalnya Multi-User Dungeon, dengan varian kemudian Multi-User Dimensi dan Multi-User Domain),  adalah sebuah dunia maya multiplayer real-time digambarkan dalam teks. MUDs menggabungkan unsur-unsur role-playing game, hack dan garis miring, player versus player, fiksi interaktif, dan online chat. Pemain sanggup membaca atau melihat deskripsi ruangan, benda, pemain lain, huruf non-pemain, dan tindakan yang dilakukan di dunia maya. Pemain biasanya berinteraksi satu sama lain dan dunia dengan mengetik perintah yang menyerupai bahasa alami.

MUDs Tradisional menerapkan permainan komputer role-playing diatur dalam dunia fantasi dihuni oleh ras fiksi dan monster, dengan pemain yang sanggup menentukan dari beberapa kelas untuk memperoleh keterampilan tertentu atau kekuasaan. Objek semacam ini permainan ialah untuk membunuh monster, menjelajahi sebuah dunia fantasi, quests lengkap, terus petualangan, membuat dongeng dengan Roleplaying, dan memajukan huruf dibuat. Banyak MUDs kuno sekitar aturan dadu-rolling dari seri Dungeons & Dragons permainan.



Fantasi pengaturan tersebut untuk MUDs yang umum, sementara banyak orang lain mempunyai setting fiksi ilmiah atau didasarkan pada buku populer, film, animasi, sejarah, dan sebagainya. Tidak semua MUDs ialah permainan, beberapa dirancang untuk tujuan pendidikan, sementara yang lain ialah murni chatting lingkungan, dan sifat fleksibel server MUD banyak mengarah pada penggunaan sesekali mereka di bidang mulai dari penelitian ilmu komputer untuk geoinformatics untuk informatika kesehatan MUDs telah menarik minat ulama akademik dari banyak sekali bidang, termasuk komunikasi, sosiologi, hukum, dan ekonomi. Pada suatu waktu, ada kepentingan dari militer Amerika Serikat yang memakai mereka untuk telekonferensi.

Kebanyakan MUD dijalankan sebagai hobi dan bebas untuk pemain, beberapa sanggup mendapatkan proteksi atau memungkinkan pemain untuk membeli barang virtual, sementara yang lain mengenakan biaya berlangganan bulanan. MUD sanggup diakses melalui klien telnet standar, atau klien MUD khusus yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Banyak game tercatat di banyak sekali web portal, menyerupai The Konektor Lumpur.

Sejarah modern Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) menyerupai World of Warcraft, dan terkait genre dunia maya menyerupai dunia maya sosial yang dicontohkan oleh Second Life, jejak pribadi kembali ke genre MUD.  Memang , sebelum inovasi istilah MMORPG, permainan gaya ini hanya disebut MUDs grafis. Sejumlah desainer MMORPG berpengaruh, menyerupai Raph Koster, Brad McQuaid, Matt Firor, Mark Jacobs, Brian Green, dan J. Todd Coleman, mulai sebagai pengembang  MUD dan / atau pemain.

 
MUSH ( Multi User Shared Halusinasion )

Sebuah MUSH (umumnya disebut Multi-User Shared Halusinasi , meskipun mungkin  kepanjanganya juga sanggup berdiri untuk Multi-User Shared Hack , Habitat, atau Holodeck) ialah teks -media sosial berbasis online yang tersambung beberapa pengguna pada ketika yang sama. MUSHes sering dipakai untuk korelasi sosial online dan game role-playing, meskipun bentuk pertama BUBUR tidak sepertinya dikodekan secara khusus untuk melakukan acara game . Hari ini dua varian MUSH ialah keturunan dari TinyMUD, yang intinya permainan sosial.

MUSH telah berkembang selama bertahun-tahun dan sekarang ada varietas yang berbeda dengan fitur yang berbeda, meskipun sebagian besar mempunyai kesamaan yang kuat dan orang yang fasih dalam pengkodean satu varietas sanggup beralih ke coding untuk yang lain dengan hanya sedikit perjuangan . Kode sumber untuk server MUSH paling banyak dipakai ialah open source dan tersedia dari pengelola ketika ini .

Sebuah fitur utama codebases MUSH yang cenderung membedakannya dari lingkungan multi-user lain ialah kemampuan, secara default, dari setiap pemain untuk memperpanjang dunia dengan membuat ruang gres atau objek dan menetapkan sikap mereka dalam bahasa internal script MUSH . Lain ialah kurangnya standar pemain banyak atau hierarki manajemen yang dikenakan oleh server itu sendiri. Selama bertahun-tahun, kedua sifat-sifat ini telah menjadi kurang menonjol, sebagai direktur server banyak menentukan untuk menghilangkan atau sangat membatasi pemain-bangunan dikontrol, dan beberapa permainan mempunyai sistem aba-aba kustom untuk mengembalikan lebih dari sistem hirarki.

Bahasa pemrograman untuk MUSH, biasanya disebut sebagai "MUSHcode" atau "softcode" (untuk membedakannya dari "hardcode" - bahasa yang server MUSH sendiri ditulis) dikembangkan oleh Larry Foard. TinyMUSH memulai hidup sebagai satu set perangkat komplemen untuk aba-aba TinyMUD asli. "MUSHcode" menyerupai dalam sintaks untuk Lisp. kustomisasi Sebagian besar dilakukan dalam "softcode" bukan dengan pribadi memodifikasi