Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Pos

Dalam berkirim surat tentu harus menuliskan alamat pengirim dan akseptor dengan terang dan lengkap biar surat yang kau kirim hingga dengan cepat dan tepat. Penulisan alamat yang baik, benar, terang dan lengkap sanggup menciptakan surat yang kau kirim cepat hingga alasannya ialah alamat yang terang dan mempermudah kurir dalam pengantaran surat.

Dalam berkirim surat tentu harus menuliskan alamat pengirim dan akseptor dengan terang dan  Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar Menurut POS

Sedangkan menulis alamat yang baik dan benar sanggup menambah nilai plus bagi sipengirim dalam hal surat lamaran kerja atau surat penting lainnya alasannya ialah dianggap baik dalam hal penulisan dan professional.

Baca juga : Cara Penulisan Alamat Paket Kiriman yang Benar dan Tepat

Seperti yang kita tahu surat dikirimkan dengan memakai sampul maupun amplop. Pada bab luar amplop juga perlu dituliskan alamat pengirim dan akseptor secara jelas.  Jadi, alamat surat ditulis dua kali, yakni di bab dalam surat dan juga di bab sampul surat atau amplopnya. Untuk cara penulisan alamat surat di luar amplop atau dalam surat hampir sama saja tergantung jenis surat dan kepentingannya.

Kalau surat yang ditujukan ke instansi resmi tentu lebih formal dan memerhatikan beberapa hal ibarat penulisan kepala surat atau kop surat, tanggal surat, nomor surat, lampiran dan perihal. Untuk menulis alamat pada isi surat mempunyai cara dan hukum sesuai EYD sebagai berikut:

1. Tulislah nama akseptor dengan nama yang terang kalau sanggup sesuai KTP bukan nama panggilan atau nama panggung :D.

2. Gunakanlah kata sapaan yang pas dengan usia atau kedudukan akseptor surat. Contohnya:
Bapak/Ibu :...
Saudara/i……
Ayahanda/Ibunda……
Kakanda/Adinda…….

3. Tulis alamat selengkap mungkin termasuk nama desa (nama jalan kalau tidak ada), jalan, nomor rumah, gang (jika rumahnya masuk gang), rt/rw, dan kota daerah tinggalnya, kodepos kalau tahu.

4. Untuk surat yang ditujukan keluar negeri, cantumkan juga nama negaranya.

Contoh Penulisan Alamat Surat Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Jenis Surat

1.Contoh Penulisan Alamat Surat Perorangan (Surat Pribadi)

Contoh 1
Kepada Yth.
Bapak Budi Septian
Jl. Raya Plered No. 19
Purwakarta

Contoh 2
Kepada Yth.
Saudari Hani Yanuar
Jl. Cikaracak No. 7
Blitar

2.Contoh Penulisan Alamat Surat Kepada Perusahaan atau Kantor (Surat Resmi / Dinas)

Contoh 1
Kepada
PT. ADITAMA RAYA
Jl. Sindang Laut No. 10
Jakarta Pusat

Contoh 2
Kepada
PT.DISINIAJA
Jl. Jendral Sudirman No. 09
Jakarta

Untuk isu perusahaan yang didapatkan dari koran atau surat kabar, maka penulisan alamatnya ibarat ini:

Kepada Yth.
Pemasangan Iklan No. VII/DRB/232563
d/a Pikiran Rakyat
Jl. Teratai No. 22

3. Contoh Penulisan Alamat Surat Kepada Pejabat Pemerintah (Surat Dinas)

Contoh 1
Yth. Kepala Direktorat Perdagangan Dalam Negeri
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Jalan Setiajaya Selatan II/ 11
Jakarta Utara

Contoh 2
Kepada
Yth. Bapak Menteri Perdagangan
Jalan Setiajaya Selatan II/ 11
Jakarta Utara

Cara Penulisan Alamat Surat di Luar Amplop yang Benar Menurut POS Indonesia

Setelah mengetahui cara penulisan alamat pada isi surat, kini kita akan menulis alamat pada amplop surat yang benar berdasarkan POS Indonesia. Berikut ialah hukum cara penulisan alamat surat berdasarkan POS Indonesia:

Contoh Penulisan Alamat Surat Pada Amplop Besar / Amplop Padi / Amplop A4


Dalam berkirim surat tentu harus menuliskan alamat pengirim dan akseptor dengan terang dan  Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar Menurut POS

Kolom Pengirim di letakkan pada bab kiri atas amplop, di dalam kolom pengirim berisi:

  1. Nama Pengirim yang sesuai Kartu Identitas
  2. Alamat Pengirim harus ditulis lengkap mencakup : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, instruksi pos dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain).Alamat akseptor diharapkan apabila kiriman tersebut kembali ke pengirim.
  3. Informasi No Telpon/ Hp atau Email. Sangat diharapkan untuk mengkonfirmasi apabila terdapat permasalahan dikemudian hari.

Kolom penerima diletakkan pada bab depan sebelah pojok kanan bawah. Kolom akseptor berisi sebagai berikut :

  1. Nama Penerima yang sesuai Kartu Identitas
  2. Alamat Penerima ditulis lengkap mencakup : Nama Jalan dan nomor jalan, RT, RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, dan Negara (Apabila dikirim ke negera lain).
  3. Po. Box (kalau ada) dan Kode Pos . Dibutuhkan supaya tidak terjadi salah sortir
  4. Informasi berupa No Telpon/ Hp atau Email. Sangat diharapkan untuk mengkonfirmasi apabila alamat akseptor susah ditemukan.

Contoh Penulisan Alamat Surat Pada Amplop Kecil atau Amplop Surat

Kolom Penerima di letakkan pada bab kanan bawah di depan amplop. untuk isi pada kolom pengirim sama halnya dengan amplop besar diatas atau kau sanggup lihat gambar.

Dalam berkirim surat tentu harus menuliskan alamat pengirim dan akseptor dengan terang dan  Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar Menurut POS

Kolom Pengirim di letakkan pada bab kiri bawah amplop, untuk isi pada kolom pengirim sama halnya dengan amplop besar diatas atau kau sanggup lihat gambar.

Dalam berkirim surat tentu harus menuliskan alamat pengirim dan akseptor dengan terang dan  Cara Penulisan Alamat Surat Yang Baik dan Benar Menurut POS

Bagaimana? kini kau sudah tahu ya cara penulisa alamat surat yang baik dan benar serta acuan dari POS Indonesia yang bikin kau makin PD bahwa surat kau sudah benar dan sanggup hingga ketujuan dengan cepat.

Semoga artikel ini membantu kau yang lagi pengen berkirim surat tapi tidak tahu hukum penulisan alamat suraat yang benar. kalau kau punya saran, masukkan dan pertanyaan silahkan tulis di kolom koemntar. kalau kau suka silahkan share artikel ini biar makin banyak yang tahu, sekian dari saya terimakasih.