Ganti Sendiri Gear Set Supra X 125
Cukup jarang memang, seseorang pemilik kendaraan sejenis sepeda motor yang mau mengganti sendiri gear set. Alasan pertama tentu ketakutan bila hasilnya nanti tidak pas bahkan dianggap dapat membahayakan terutama untuk cuilan sambungan rantai.
Disamping itu pula masih ada beberapa alasan lain yang menimbulkan seseorang malas untuk mengganti sendiri gear set, contohnya takut belepotan oli hitam, ada yang hanya dengan alasan tidak mempunyai beberapa kunci untuk bongkar pasang baut bautnya,, bahkan ada yang hanya dengan memakai alasan Toh murah inih biaya pemasangannya, ngapain berkotor kotor!!!. Hingga jalan alhasil ia menentukan mengambil jasa montir sepeda motor untuk menuntaskan semua pekerjaan itu.
sendiri bukanlah seorang yang punya latar belakang montir sepeda motor, kemudian mengapa mau melaksanakan pekerjaan ibarat itu. Bukankah biaya ongkos jasa pekerjaan pekerjaan ibarat itu disini masih tergolong sangat murah???. Alasan pribadi yang pertama mungkin sebab Hobby, berikutnya ialah sebab selama ini sudah terlalu sering merasa kurang/tidak puas dengan hasil kerja sang montir.
Seringkali sehari atau dua hari sesudah sepeda montor di montirkan, dengan sangat terpaksa bongkar dan tata kembali biar berasa tunggangan sesuai selera diri ini. Bahkan beberapa kali pula merasa kecewa berat, ketika berusaha memenuhi standar keamanan, service dulu ini sepeda sebelum diajak jalan jalan jauh dan butuh kecepatan lebih. Eh ternyata sesudah hingga di rumah kembali ternyata ada beberapa baut yang barusan di bongkar pasang oleh sang montir, kini raib diterpa kecepatan laju sepeda.
Sejak bencana kejadian itulah bertahap mulai mengoleksi kunci demi kunci dengan aneka macam jenis dan ukuran. Suer .... bila dibanding dengan bingkil sebelah, mungkin variasi kelengkapan ukuran dan jenis kunci, masih lebih lengkap punya .
=============
Bagi pemula ataupun yang tengah ingin tau untuk melaksanakan pekerjaan belepotan, Langsung aja yuk kita ke Te Ka Pe
A. Alat yang diharapkan :
- Kunci T / Ring / Pass ukuran 10 untuk buka tuas persneleng (oper gigi)
- Kunci T ukuran 8 untuk membuka epilog gear depan
- Kunci T /Y ukuran 10 untuk buka spi gear depan
- Tang untuk melepas spi penyambung rantai
- Pinset / Obeng min kecil untuk menuntaskan melepas spi penyambung rantai
- Kunci T ukuran 12 untuk membuka baut gear belakang
- Kunci Pass / Ring ukuran 19 dan 14 untuk membuka AS Roda belakang
- Oli higienis / Bensin secukupnya ples serbet ples air untuk higienis bersih.
B. Proses yang dilakukan :
1. Melepas Tuas Persneleng (oper gigi)
Menggunakan kunci ukuran 10. Beberapa Montir yang telah hebat tidak perlu melaksanakan langkah pertama ini, yaitu melepas tuas persneleng, mereka akan dapat melepas pekerjaan nomor 2.b tanpa harus melaksanakan pekerjaan nomor 1 ini. Tapi beberapa pemula dan amatiran laiknya merasa akan lebih gampang melaksanakan pekerjaan nomor 2.b apabila tuas persneleng dilepas terlebih dahulu. (ket: beberapa sepeda motor brand lain mungkin ukuran kunci berbeda).
Menggunakan kunci ukuran 10. Beberapa Montir yang telah hebat tidak perlu melaksanakan langkah pertama ini, yaitu melepas tuas persneleng, mereka akan dapat melepas pekerjaan nomor 2.b tanpa harus melaksanakan pekerjaan nomor 1 ini. Tapi beberapa pemula dan amatiran laiknya merasa akan lebih gampang melaksanakan pekerjaan nomor 2.b apabila tuas persneleng dilepas terlebih dahulu. (ket: beberapa sepeda motor brand lain mungkin ukuran kunci berbeda).
2. Membuka Penutup Gear Depan (ada yang menyebut gear tengah)
2.a. Buka dulu bautnya, jikalau HSX 125 memakai kunci ukuran 8, brand lain mungkin berbeda ukuran kuncinya.
2.b. Lanjut dengan melepas tutup gear memakai tangan, bila langkah nomor 1 sudah dilakukan, ini akan lebih mudah, namun ada beberapa personel yang masih merasa gampang walaupun tidak melaksanakan langkah nomor 1.
3. Melepas Spi pengunci gear depan
3.a. Lepas dulu bautnya memakai kunci T/Y ukuran 10,
3.b. Lanjut dengan melepas Spi dengan memutar sedikit biar antar lekukan as dan lekukan spi lurus, sehingga dapat dengan gampang di lepaskan
Bila anda takut kotor dan sekaligus kelihatan profesional, gunakan alat bantu untuk melepas spi ini, jangan sepertu yang pribadi memakai jari tangan.
4. Melepas sambungan Rantai
4.a. Gunakan Tang untuk menggeser spi pengunci sambungan rantai,
4.b. Bila spi sudah keluar dari daerah bersemayamnya, dapat dilanjutkan melepas memakai pinset atau obeng min kecil
5. Mengganti Gear Depan dengan gear yang baru
5.a. Setelah rantai dilepas, lepaskan gear depan
5.b. Ganti dengan gear depan yang baru
5.c. lanjut dengan memasang kembali spi pengunci gear depan, serta baut spi nya, eratkan tapi hati hati jangan hingga terlalu berpengaruh yang dapat mengakibatkan nantinya akan sulit dibuka atau bahkan menciptakan baut patah.
6. Pekerjaan berikutnya ialah mengendorkan mur baut Gear Belakang
Sebaiknya ini dilakukan sekarang, sebelum roda dilepaskan, sebab ada beberapa perkara kesulitan membuaka mur baut bila roda sudah terlepas dari tempatnya. Terutama bagi amatiran dan juga montir yang tidak punya perangkat (dudukan) khusus untuk melepas mur baut yang berkaitan dengan roda.
NB : Cukup longgarkan saja, lanjut melepas mur bautnya nanti jikalau roda sudah dilepas.
7. Lepaskan Roda belakang, ini harus, ... sebab kita akan mengganti Gear belakang yang faktual nyata melekat pada roda belakang.
7.a. Gunakan kunci ukuran 14 untuk menahan AS roda belakang (bagian kiri), dan putar ke arah bawah mur AS roda belakang (bagian kanan) dengan kunci ukuran 19
Bila terjadi cukup keras, anda dapat menyambung tangkai kunci 19 memakai pipa besi keras, biar tangkai menjadi lebih panjang dan berakibat lebih ringan untuk memutar MUR roda belakang.
7.b. Sambil tahan Roda memakai ujung kaki, Lanjut dengan Cabut AS roda belakang dari sebelah kiri, cukup memakai jemari tangan saja untuk menghindari tergoresnya alat. Tapi apa daya bila memang sulit dilepas, mungkin sebab AS sudah tidak lurus lagi atau mungkin karatan atau efek hal lainnya. Mungkin terpaksa harus memakai alat bantu.
7.c. Sesudah AS dilepas tentu kita akan lanjut dengan melepas roda belakang.
8. Menggati Gear belakang
8.a. Karena tadi pada langkah ke 6 baut sudah dikendorkan, maka kini kita tinggal lanjut melepas baut dengan mudah.
8.b. Sesudah semau baut terlepas, lepaskan gear belakang dan dilanjut dengan memasang gear yang baru.
8.c. Pasang kembali MUR BAUT, tidak usah terlalu bersahabat dulu, nanti mengencangkannya pada ketika roda sudah dipasang kembali saja, ini akan terasa jauh lebih ringan.
9. Pasang Kembali roda belakang, hati hati jangan hingga ada ring AS roda yang tertinggal. tahan roda dengan memakai ujung kaki biar lobang poros dapat sejaraj lurus dan kita dapat dengan mudahnya memasang kembali AS roda belakang. Awas jangan hingga kancing penyetel jarak roda tidak ikut terpasang
Bila Komponen dalam/tengah roda dalam keadaan baik, niscaya dapat dengan gampang memasang kembali AS roda belakang tersebut. Bila terjadi kesulitan, usahakan tidak memakai alat bantu pukul macamnya martil atau palu. Sebaiknya periksa cuilan dalam (Klaher/ring), betulkan yang ini hingga dapat dengan gampang memasukkan AS roda belakang.
10. Pasang kembali mur pengunci AS roda belakang, jangan lupa ikutkan Kancing pengatur jarak roda sebelum memasang mur.
11. Gear depan dan belakang sudah menjadi bermetamorfosis gres semua. Saatnya memasang Rantai. Memasang kembali rantai anda dapat mulai dari gear besar/belakang ataupun mulai dari gear kecil/depan/tengah, tergantung mood dan selera serta mana yang dianggap lebih mudah. Yang penting yakinkan bahwa pada alhasil ranta akan duduk dengan baik pada gigi gigi depan dan belakang.
11.a Jika sudah demikian lanjut dengan berdoa, "Semoga ukuran rantai tidak jauh terlalu panjangnya, alias masih dapat ditolerir", bila terlalu jauh kepanjangannya dengan sangat terpaksa dilakukan penbuangan satu (kadang juga dapat dua) mata rantai. ini akan cukup merepotkan bagi pemula, bagi sih itu sudah sering melakukannya. Bila panjang rantai sudah sesuai, pasangkan pin mata rantai penyambung rantai dengan posisi kaki yang kosong berada cuilan luar, berati memasukannya dari arah dalam.
Jangan lupa pasang Spi dalamnya dulu sebelum lanjut ke langkah 11.b (maaf gambar spi dalam terlanjur terhapus dan tidak dapat di tunjukkan.
Ingat : ada spi cuilan dalam yang memasukannya sangat gampang dan gampang lepas pula. bila spi cuilan dalam sudah tertata, gres lanjut ke langkah 11.b.
11.b. Paling Utama dalam Proses ini ialah arah pemasangan Spi Luar penyambung Rantai, tapi jangan khawatir sebab pada kardus/box pembungkus rantai sudah ada petunjuknya dan dapat terlihat dengan jelas.
11.c. Jika sudah yakin dengan maksud petunjuk itu bersahabat kan dengan tang
Pastikan Spi ini terpasang dengan benar, bila tidak dapat berakibat rantai putus ketika kita berkendara, dan ini cukup berbahaya.
12. Langkah Finishing
12.a. Atur kembali kekenduran rantai, jaga biar cuilan kanan dan kiri tetap terjaga keseimbangannya.
12.b. Kencangkan kembali AS roda belakang memakai kunci 14 dan 19 ibarat pada ketika melepaskannya.
Sumber https://www.gurukatro.com/