Mudah Dan Cepat Ganti Kampas Rem Cakram
Bismillaahirrahmaanirrahiim.
kembali dapat posting dengan label Otomotif, dan pada kesempatan kali ini akan share cara gampang dan cepat mengganti sendiri Sepatu atau kampas rem cakram.
Walaupun dongeng kali ini hanyalah merupakan kilas balik dari sebuah perlakuan tadi malam, lantaran proses penggantian kampas rem itu sudah dilaksanakan tadi malam mulai pukul 21.37 dan berakhir pada pukul 20.20 (data durasi waktu ini diamati oleh melalui data jepretan photo pertama dan photo terakhir)
20.20 - 21.37 = 43 menit menuntaskan penggantian dua unit kampas rem belakang dan depan sekaligus. Dan sesudah diingat ternyata ada waktu jeda sekitar 15 menit untuk menyeduh dilanjut menikmati minuman pelenyap hambar malam pedesaan. Berarti waktu yang diharapkan hanya 43 - 15 = 27 menit untuk mengganti kampas rem sepeda motor HSX125 untuk rem belakang dan juga yang depan.
27 menit itupun lantaran ada sedikit hambatan pada proses penglepasan salah satu baut penyangga kaliper rem depan. heheheheh .... terus terang sesudah berkali kali gagal mencoba membuka secara normal, untuk yang satu ini dengan sangat terpaksa pilih tindakan sadis, yaitu memakai palu alias martil (usahakan cara yang satu ini jangan ditiru).
Dan itupun lagi, kerja sangat terganggu lantaran disamping kerja utama mengganti kampas rem tangan selalu terganggu di setiap langkah oleh keharusan mengambil gambar. Kok rela yah kerja belepotan sambil pegang pegang Android yang halus mulus????.... yaaaah ... sudah terang alasannya, yaitu biar proses itu dapat dijadikan dongeng pada posting blog ini.
Alat yang dipakai sangat minim, yang belum tahu nanti akan tahu sendiri sesudah mengamati gambar penjelas tiap langkah dan dongeng dibawah ini :
A. Mulai dengan Operasi Rem Cakram Belakang.
Sangat cepat mengganti Kampas REM CAKRAM belakang HSX125, lantaran tidak perlu membongkar kaliper, langkah pertama di mulai dari :
A.1. Putar melawan arah jarum jam, Baut AS Kampas (hanya satu), jikalau ada penutupnya, buka dulu tutup itu memakai obeng minus.
memakai kunci L atau ada yang menyebut kunci bintang ukuran T30 (sepeda motor brand lain mungkin ukuran berbeda). Bila terasa berat untuk memutar, coba gunakan pipa baja untuk memperpanjang ekor kunci bintang, niscaya akan terasa lebih ringan.
A.2. Bila sudah ringan putarannya, dapat dilanjut melepas baut AS tersebut memakai tangan.
A.3. Sesudah AS tercabut dari posisinya, renggangkan dulu jarak antara disk dengan kampas yang melekat ke piston rem cakram , memakai obeng min misalnya, atau dilanjut dengan logam lain yang lebih kuat/tebal/lebar.
Tekan selebar mungkin, lantaran langkah ini juga sekaligus akan berfungsi untuk mempermudah pemasangan kampas gres yang terang jelas ukurannya jauh lebih tebal dari yang akan di lepas.
A.4. Lepaskan kampas yang sudah aus itu dari posisi awalnya dengan cara menarik ke arah belakang-bawah.
A.5. Yakinkan jikalau kampas yang akan dipasang itu serupa walau mungkin tak sewarna dengan yang barusan dilepas
A.6. Masukkan kampas baru yang melekat pada piston terlebih dahulu
untuk menjaga posisi biar tidak jatuh, ikuti dengan pemasangan baut AS
A.7. lanjut dengan memasang Kampas baru yang sebelahnya, tapi jikalau terjadi penyempitan, tekan dulu biar dudukannya dapat lebih longgar
Bila sudah lonngar gres pasang kampasnya
dan amati rujukan duduk kedua kampasnya dengan mengacu dua tanda panah pada gambar diatas
A.8. Sesudah kedua kampas berpasangan itu tertata dengan benar, lanjut dengan meneruskan pemasangan kembali baut AS, pertama gunakan tangan dulu
gres kemudian dilanjut meng dekat kan memakai kunci bintang
Jangan terlalu erat, alasannya yakni akan dapat menyulitkan ketika membongkar lagi pada penggantian kampas yang akan datang.
A.9. Selesai sudah untuk penggantian kampas rem cakram belakang
Jangan lupa injak keras dan sentak sentak pedal rem belakang biar kinerja pengeremannya dapat kembali optimal menyerupai semula sebelum sepeda motor digunakan.
B. Lanjut dengan Operasi kampas rem Cakram Depan
Ini akan sedikit lebih usang dari rem belakang, lantaran harus melepas kaliper, dan disini ada dua baut AS yang mesti di lepas.
B.1. Kendorkan dulu kedua baut AS
jikalau masih ada penutupnya, buka pentutup itu memakai obeng gepeng, hati hati lantaran alat ini cukup lunak dan gampang jadi lecet yang menciptakan tak sedap dipandang mata.
Bila epilog itu sudah tidak ada, dapat eksklusif kendorkan baut AS
Kendorkan saja dulu gak usah sampai lepas, lepasnya nanti saja jikalau kaliper sudah turun.
B.2. Lanjut dengan melepas dua baut pengunci Kaliper memakai Kunci L atau kunci bintang ukuran 40 (sepeda motor brand lain, mungkin berbeda ukurannya)
Biasanya ini cukup dekat dan sulit dilepas, gunakan pipa baja untuk menyanbung ekor kunci L, untuk pipa, biasa memakai kunci T ukuran 8
B.3. Lepaskan dua baut AS yang tadi sudah dikendorkan pada ketika kaliper belum diturunkan
jikalau sudah longgar, lepas memakai tangan saja
B.4. Lepas kedua kampas yang sudah aus itu, memakai tangan saja dan pastikan jikalau kampas gres yang akan dipasang itu sejenis dengan yang barusan dilepas
B.5. Pasang kedua kampas baru, sekaligus secara bersama sama juga OK, namun jikalau piston masih terlalu keluar, tekan dulu itu kedua piston sedalam dalamnya
gres kemudian pasang kedua kampas, sekaligus dengan memasang kembali kedua kerikil AS, baut AS dipasang secukupnya saja, nanti akan di dekat kan ketika kaliper sudah dipasang kembali.
B.6. Rengggangkan jarak kedua kampas biar dapat gampang dipasangkan ke disk
B.7. Bila jarak sudah cukup atau jikalau disk sudah dapat masuk dengan mudah, pasang kembali kaliper pada posisi semula, dan eksklusif pasang kedua bautnya
B.8. Eratkan kedua baut AS
B.9. Selesai sudah proses penggantian Kampas rem cakran depan.
Jangan lupa untuk menarik keras dan sentak sentak handle rem depan, biar performa kinerja rem sudah kembali optimal sebelum sepeda motor dipakai untuk keperluan sehari hari.
Sebenarnya sesudah penggantian kampas rem ini selesai, eksklusif melanjutkan oprek sepeda motor, yaitu mengganti GEARSET ukuran 14/38 (428). Insya Allah langkah langkahnya akan di share pada posting INI
Sumber https://www.gurukatro.com/
kembali dapat posting dengan label Otomotif, dan pada kesempatan kali ini akan share cara gampang dan cepat mengganti sendiri Sepatu atau kampas rem cakram.
Walaupun dongeng kali ini hanyalah merupakan kilas balik dari sebuah perlakuan tadi malam, lantaran proses penggantian kampas rem itu sudah dilaksanakan tadi malam mulai pukul 21.37 dan berakhir pada pukul 20.20 (data durasi waktu ini diamati oleh melalui data jepretan photo pertama dan photo terakhir)
20.20 - 21.37 = 43 menit menuntaskan penggantian dua unit kampas rem belakang dan depan sekaligus. Dan sesudah diingat ternyata ada waktu jeda sekitar 15 menit untuk menyeduh dilanjut menikmati minuman pelenyap hambar malam pedesaan. Berarti waktu yang diharapkan hanya 43 - 15 = 27 menit untuk mengganti kampas rem sepeda motor HSX125 untuk rem belakang dan juga yang depan.
27 menit itupun lantaran ada sedikit hambatan pada proses penglepasan salah satu baut penyangga kaliper rem depan. heheheheh .... terus terang sesudah berkali kali gagal mencoba membuka secara normal, untuk yang satu ini dengan sangat terpaksa pilih tindakan sadis, yaitu memakai palu alias martil (usahakan cara yang satu ini jangan ditiru).
Dan itupun lagi, kerja sangat terganggu lantaran disamping kerja utama mengganti kampas rem tangan selalu terganggu di setiap langkah oleh keharusan mengambil gambar. Kok rela yah kerja belepotan sambil pegang pegang Android yang halus mulus????.... yaaaah ... sudah terang alasannya, yaitu biar proses itu dapat dijadikan dongeng pada posting blog ini.
Alat yang dipakai sangat minim, yang belum tahu nanti akan tahu sendiri sesudah mengamati gambar penjelas tiap langkah dan dongeng dibawah ini :
A. Mulai dengan Operasi Rem Cakram Belakang.
Sangat cepat mengganti Kampas REM CAKRAM belakang HSX125, lantaran tidak perlu membongkar kaliper, langkah pertama di mulai dari :
A.1. Putar melawan arah jarum jam, Baut AS Kampas (hanya satu), jikalau ada penutupnya, buka dulu tutup itu memakai obeng minus.
memakai kunci L atau ada yang menyebut kunci bintang ukuran T30 (sepeda motor brand lain mungkin ukuran berbeda). Bila terasa berat untuk memutar, coba gunakan pipa baja untuk memperpanjang ekor kunci bintang, niscaya akan terasa lebih ringan.
A.2. Bila sudah ringan putarannya, dapat dilanjut melepas baut AS tersebut memakai tangan.
A.3. Sesudah AS tercabut dari posisinya, renggangkan dulu jarak antara disk dengan kampas yang melekat ke piston rem cakram , memakai obeng min misalnya, atau dilanjut dengan logam lain yang lebih kuat/tebal/lebar.
Tekan selebar mungkin, lantaran langkah ini juga sekaligus akan berfungsi untuk mempermudah pemasangan kampas gres yang terang jelas ukurannya jauh lebih tebal dari yang akan di lepas.
A.4. Lepaskan kampas yang sudah aus itu dari posisi awalnya dengan cara menarik ke arah belakang-bawah.
A.5. Yakinkan jikalau kampas yang akan dipasang itu serupa walau mungkin tak sewarna dengan yang barusan dilepas
A.6. Masukkan kampas baru yang melekat pada piston terlebih dahulu
untuk menjaga posisi biar tidak jatuh, ikuti dengan pemasangan baut AS
A.7. lanjut dengan memasang Kampas baru yang sebelahnya, tapi jikalau terjadi penyempitan, tekan dulu biar dudukannya dapat lebih longgar
Bila sudah lonngar gres pasang kampasnya
dan amati rujukan duduk kedua kampasnya dengan mengacu dua tanda panah pada gambar diatas
A.8. Sesudah kedua kampas berpasangan itu tertata dengan benar, lanjut dengan meneruskan pemasangan kembali baut AS, pertama gunakan tangan dulu
gres kemudian dilanjut meng dekat kan memakai kunci bintang
Jangan terlalu erat, alasannya yakni akan dapat menyulitkan ketika membongkar lagi pada penggantian kampas yang akan datang.
A.9. Selesai sudah untuk penggantian kampas rem cakram belakang
Baca Juga
Jangan lupa injak keras dan sentak sentak pedal rem belakang biar kinerja pengeremannya dapat kembali optimal menyerupai semula sebelum sepeda motor digunakan.
B. Lanjut dengan Operasi kampas rem Cakram Depan
Ini akan sedikit lebih usang dari rem belakang, lantaran harus melepas kaliper, dan disini ada dua baut AS yang mesti di lepas.
B.1. Kendorkan dulu kedua baut AS
jikalau masih ada penutupnya, buka pentutup itu memakai obeng gepeng, hati hati lantaran alat ini cukup lunak dan gampang jadi lecet yang menciptakan tak sedap dipandang mata.
Bila epilog itu sudah tidak ada, dapat eksklusif kendorkan baut AS
Kendorkan saja dulu gak usah sampai lepas, lepasnya nanti saja jikalau kaliper sudah turun.
B.2. Lanjut dengan melepas dua baut pengunci Kaliper memakai Kunci L atau kunci bintang ukuran 40 (sepeda motor brand lain, mungkin berbeda ukurannya)
Biasanya ini cukup dekat dan sulit dilepas, gunakan pipa baja untuk menyanbung ekor kunci L, untuk pipa, biasa memakai kunci T ukuran 8
B.3. Lepaskan dua baut AS yang tadi sudah dikendorkan pada ketika kaliper belum diturunkan
jikalau sudah longgar, lepas memakai tangan saja
B.4. Lepas kedua kampas yang sudah aus itu, memakai tangan saja dan pastikan jikalau kampas gres yang akan dipasang itu sejenis dengan yang barusan dilepas
B.5. Pasang kedua kampas baru, sekaligus secara bersama sama juga OK, namun jikalau piston masih terlalu keluar, tekan dulu itu kedua piston sedalam dalamnya
gres kemudian pasang kedua kampas, sekaligus dengan memasang kembali kedua kerikil AS, baut AS dipasang secukupnya saja, nanti akan di dekat kan ketika kaliper sudah dipasang kembali.
B.6. Rengggangkan jarak kedua kampas biar dapat gampang dipasangkan ke disk
B.7. Bila jarak sudah cukup atau jikalau disk sudah dapat masuk dengan mudah, pasang kembali kaliper pada posisi semula, dan eksklusif pasang kedua bautnya
B.8. Eratkan kedua baut AS
B.9. Selesai sudah proses penggantian Kampas rem cakran depan.
Jangan lupa untuk menarik keras dan sentak sentak handle rem depan, biar performa kinerja rem sudah kembali optimal sebelum sepeda motor dipakai untuk keperluan sehari hari.
Sebenarnya sesudah penggantian kampas rem ini selesai, eksklusif melanjutkan oprek sepeda motor, yaitu mengganti GEARSET ukuran 14/38 (428). Insya Allah langkah langkahnya akan di share pada posting INI
Sumber https://www.gurukatro.com/