Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kur 2013 Ki - Kd Mts : Al Quran Hadits

Alhamdulillaahi Rabbil Aalamiin,

Pada kesempatan kali ini, telah diberi kesempatan lagi untuk memposting Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab.

Posting ini diangkat demi memenuhi komitmen tertulis di bab paling bawah posting paling selesai perihal KI - KD Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab tingkat MI. Disana telah disediakan link untuk masuk kesini, namun sehabis sekian usang link itu dijanjikan, ternyata gres kali ini berkesempatan untuk memenuhi komitmen link tersebut.

Untuk Pertama kali KI-KD MTs yaitu mata pelajaran Al Alquran Hadits, dimulai dari kelas VII semester 1 sampai Kela IX semester 2, sebagai berikut :





A. Al Alquran Hadits

A. 1. Kelas VII Semester 1


Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.
Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.
Meyakini  Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup
1.2.
Meyakini  isi kandungan hadis perihal iman dan hadis perihal ciri ibadah yang diterima Allah
1.3.
Menghayati kandungan Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112)tentang keesaan Allah
2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.
Memiliki sikap menyayangi Al-Qur'an dan Al-Hadis dalam kehidupan
2.2.
Terbiasa beribadah dan berdo’a sebagai penerapan isi kandungan Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) dalam kehidupan sehari-hari
2.3.
Terbiasa  beribadah sebagai penerapan isi kandungan hadis perihal ibadah yang diterima Allah
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.
Memahami kedudukan Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman hidup umat manusia

3.2.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114),al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) perihal tauhid dalam konsep Islam
3.3.
Memahami keterkaitan isi kandungan hadis perihal iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah (الإيمانمعرفةبالقلبوقولباللسانوعملبالأركان) dan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab ( قالفأخبرنىعنالإيمانقالأنتؤمنبالله...) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله..) dan hadis perihal ibadah yang diterima Allah hadis riwayat al-bazzar dari Adh-Dhahhaq (قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعىشريكافهوللشريكيآأيهاالناساخلصواأعمالكملله...) dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah (منعملعملاليسعليهأمرنافهورد) dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.
Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.
Membaca Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112)  dengan fasih dan tartil
4.2.
Menghafal Q.S. al-Faatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlaas (112) secara fasih dan tartil.
4.3.
Menulis hadis perihal iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah (الإيمانمعرفةبالقلبوقولباللسانوعملبالأركان) dan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab ( قالفأخبرنىعنالإيمانقالأنتؤمنبالله...) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله..) dan hadis perihal ibadah yang diterima Allah riwayat al-bazzar dari Adh-Dhahhaq (قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعىشريكافهوللشريكيآأيهاالناساخلصواأعمالكملله...) dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah (منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
4.4.
Menerjemahkan makna hadis perihal iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah (الإيمانمعرفةبالقلبوقولباللسانوعملبالأركان) dan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab (قالفأخبرنىعنالإيمانقالأنتؤمنبالله...) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله..) dan hadis perihal ibadah yang diterima Allah riwayat al-bazzar dari Adh-Dhahhaq (قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعىشريكافهوللشريكيآأيهاالناساخلصواأعمالكملله...) dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah (منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)
4.5.
Menghafalkan hadis perihal iman riwayat Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah (الإيمانمعرفةبالقلبوقولباللسانوعملبالأركان) dan hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab (قالفأخبرنىعنالإيمانقالأنتؤمنبالله...) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (الإيمانبضعوسبعونشعبةفأفضلهاقوللاالهإلاالله..) dan hadis perihal ibadah yang diterima Allah riwayat al-bazzar dari Adh-Dhahhaq (قالاللهتعالىأناخيرشريكفمنأشركمعىشريكافهوللشريكيآأيهاالناساخلصواأعمالكملله...) dan hadis riwayat Muslim dari Aisyah (منعملعملاليسعليهأمرنافهورد)




A. 2. Kelas VII Semester 2


Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.
Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.
Menyadari  pentingnya sikap tasamuh

1.2.
Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah

2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.
Memiliki sikap tasamuh sesuai isi kandungan al- Kaafiruun (109), Q.S al-Bayyinah (98) dan hadis perihal toleransi dalam kehidupan sehari-hari


2.2.
Memiliki sikap optimis dan istiqamah dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab(111) dan Q.S an-Nashr (110) dalam kehidupan sehari-hari

3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.
Memahami isi kandungan al- Kaafiruun (109)  dan Q.Sal-Bayyinah (98)  perihal toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA (خَيْرُالأَصْحَابِعِنْدَاللهِخَيْرُهُمْلِصَاحِبِهِوَخَيْرُالْجِيرَانِعِنْدَاللهِخَيْرُهُمْلِجَارِهِ)dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik(وَالَّذِىنَفْسِىبِيَدِهِلَايُؤْمِنُعَبْدٌحَتَّىيُحِبَّلِجَارِهِمَايُحِبُّلِنَفْسِهِ)
3.2.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.San-Nashr (110) perihal problematika dakwah
4.
Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.
Menerapkan aturan bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), al- Kaafiruun (109)  , dan Qur’an surat-surat pendek pilihan

4.2.
Menulis hadis perihal sikap tasamuh

4.3.
Menerjemahkan hadis perihal sikap tasamuh

4.4.
Menghafal hadis perihal sikap tasamuh hadis riwayat Ahmad, Turmudzi, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi dari Ibnu Umar RA (خَيْرُالأَصْحَابِعِنْدَاللهِخَيْرُهُمْلِصَاحِبِهِوَخَيْرُالْجِيرَانِعِنْدَاللهِخَيْرُهُمْلِجَارِهِ) dan hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik(وَالَّذِىنَفْسِىبِيَدِهِلَايُؤْمِنُعَبْدٌحَتَّىيُحِبَّلِجَارِهِمَايُحِبُّلِنَفْسِهِ



A. 3. Kelas VIII Semester 1


Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.
Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.
Meyakini bahwa setiap rizki telah ditentukan Allah

1.2.
Menghayati keutamaan tolong menolong dan menyantuni anak yatim

2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.
Memiliki  sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman  Q.S. Al  Kautsar (108) dan Q.S. Al Maa’un (107).

2.2.
Memiliki sikap tolong menolong dan menyayangi anak yatim sesuai isi kandungan Al-Qur’an dan Al-Hadis
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyiraah (94) perihal ketentuan rezeki dari Allah
3.2.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Kautsar (108) dan Q.S.al-Maa’un (107) perihal kepedulian social dan isi kandungan hadis tentang  sikap tolong menolong riwayat Bukhori dari Abdullah ibnu Umar
(المسلمأخوالمسلملايظلمهولايسلمه... )dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
(مننفسعنمؤمنكربةنفساللهعنهكربة.. )dan hadis perihal menyayangi anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أناوكافلاليتيم...)dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خيربيتفيالمسلمينبيتفيهيتيم..)dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.
Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.
Menerapkan aturan bacaan mad ‘iwadl, mad layin, danmad ‘aridh lissukuun dalam Al-Qur’an Surat-surat pendek  pilihan
4.2.
Menulis hadis tentang  tolong-menolong dan  menyayangi anak yatim
4.3.
Menerjemahkan hadis perihal tolong-menolong dan menyayangi anak yatim
4.4.
Menghafal hadis perihal tolong-menolong riwayat Bukhori dari Abdullah ibnu Umar  (المسلمأخوالمسلملايظلمهولايسلمه... ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
 (مننفسعنمؤمنكربةنفساللهعنهكربة.. ) dan hadis perihal menyayangi anak yatim riwayat Bukhori dari Sahl bin saad (أناوكافلاليتيم...) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah (خيربيتفيالمسلمينبيتفيهيتيم..)


A. 4. Kelas VIII Semester 2

Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.
Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.
Menyadari pentingnya menerapkan contoh hidup seimbang antara dunia dan akhirat
1.2.
Meyadari akhir sikap buruk  sebagaimana kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan at-Takaatsur(102)
2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.
Terbiasa menghindari sikap jelek sesuai isi  kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan at-Takaatsur(102)dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya


2.2.
Memiliki perilaku  keseimbangan hidup dunia dan akhirat
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan at-Takaatsur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
3.2.
Memahami isi kandungan hadis perihal sikap keseimbangan hidup di dunia dan alam abadi riwayat Ibnu Asakir dari Anas (ليسبخيركممنتركدنياهلآخرته...) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (المؤمنالقويخيروأحبإلىاللهمنالمؤمنالضعيف...) dan hadis riwayat Bukhori dari Zubair bin Awwam (لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذخزمةمنحطب...)
4.
Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.
Menerapkan aturan bacaan lam dan ra' dalam Q.S. al-Humazah (104) dan at-Takaatsur(102)
4.2.
Menulis hadis perihal keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.3.
Menerjemahkan hadis perihal keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
4.4.
Menghafalkan hadis perihal keseimbangan hidup di dunia dan alam abadi riwayat Ibnu Asakir dari Anas (ليسبخيركممنتركدنياهلآخرته...) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (المؤمنالقويخيروأحبإلىاللهمنالمؤمنالضعيف...) dan hadis riwayat Bukhori dari Zubair bin Awwam (لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذخزمةمنحطب...)



A. 5. Kelas IX Semester 1

Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.
Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.
Menyadari pentingnya menjaga kelestarian  alam.
1.2.
Meyakini kekuasaan Allah pada fenomena alam yang terjadi
2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.
Terbiasa menyikapi dengan baik fenomena alam sebagai penerapan isi kandungan Q.S. al-Qaari’ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)



2.2.
Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sesuai isi kandungan hadis perihal kelestarian alam.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Qaari’ah (101), Q.S.al-Zalzalah (99)  perihal fenomena alam
3.2.
Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. al-Qaari’ah(101), Q.S. al-Zalzalah (99)   perihal fenomena alam dalam kehidupan
3.3.
Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat Tirmidzi (مَنْأَحْيىأَرْضًامَيِّتَةً .), riwayat Ibnu Majah (مَنْحَفَرَبِئْرًافَلَهُأَرْبَعُوْنَذِرَاعًا ...), riwayat Ahmad (عَنْإِخْصَاءِالْخَيْلِ...), riwayat Al Bazzar (نَهَىصَيْرِالرُّوْحِ ... ) perihal sikap menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya
4.
Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.
Menerapkan aturan mad silah, mad badal, mad tamkin,dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari’ah (101),Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surat-surat pendek pilihan
4.2.
Menulis hadis riwayat Tirmidzi (مَنْأَحْيىأَرْضًامَيِّتَةً .), riwayat Ibnu Majah (مَنْحَفَرَبِئْرًافَلَهُأَرْبَعُوْنَذِرَاعًا ...), riwayat Ahmad (عَنْإِخْصَاءِالْخَيْلِ ...), riwayat Al Bazzar (نَهَىصَيْرِالرُّوْحِ ... )tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam
4.3.
Menerjemahkan hadis riwayat Tirmidzi (مَنْأَحْيىأَرْضًامَيِّتَةً .), riwayat Ibnu Majah (مَنْحَفَرَبِئْرًافَلَهُأَرْبَعُوْنَذِرَاعًا ...), riwayat Ahmad (عَنْإِخْصَاءِالْخَيْلِ ...), riwayat Al Bazzar (نَهَىصَيْرِالرُّوْحِ... ) perihal menjaga dan melestarikan lingkungan alam
4.4.
Menghafal hadis riwayat Tirmidzi (مَنْأَحْيىأَرْضًامَيِّتَةً .), riwayat Ibnu Majah (مَنْحَفَرَبِئْرًافَلَهُأَرْبَعُوْنَذِرَاعًا ...), riwayat Ahmad (عَنْإِخْصَاءِالْخَيْلِ ...), riwayat Al Bazzar (نَهَىصَيْرِالرُّوْحِ... ) perihal menjaga dan melestarikan lingkungan alam



A. 6. Kelas IX Semester 2


Kompetensi inti
Kompetensi dasar
1.
Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
1.1.
Menyadari pentingnya memanfaatkan waktu dan mencari ilmu
1.2.
Menghayati fenomena alam sebagai sumber ilmu pengetahuan
2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.
Memiliki sikap disiplin dalam kehi dupan sehari-hari



2.2
Memiliki semangat menghargai waktu



2.3.
Memiliki semangat menuntut
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1.
Memahami isi kandungan Q.S. al-Ashr (103) dan Q.S.al-‘Alaq (96) perihal menghargai waktu dan menuntut ilmu
3.2.
Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. al-Ashr (103) dan Q.S. al-‘Alaq (96) perihal menghargai waktu dan menuntut ilmu
3.3.
Memahami keterkaitan isi kandungan hadis riwayat Bukhori dari Abdullah bin Umar (....كُنْفِيالدُّنْيَاكَأَنَّكَغَرِيْبٌ) perihal sikap menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik (....طَلَبُالْعِلْمِفَرِيْضَةٌعَلَىكُلِّمُسْلِمٍ) perihal menuntut ilmu
4.
Mengolah, menyaji dan menallar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1.
Menerapkan aturan mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dalam Al-Qur'an
4.2.
Menerapkan aturan bacaan mad lazim mukhaffaf harfidan mutsaqqal harfi dalam Al-Qur'an
4.3.
Menulis hadis riwayat Bukhori dari Abdullah bin Umar (....كُنْفِيالدُّنْيَاكَأَنَّكَغَرِيْبٌ) perihal sikap menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik (....طَلَبُالْعِلْمِفَرِيْضَةٌعَلَىكُلِّمُسْلِمٍ) perihal tentang menuntut ilmu
4.4.
Menerjemahkan hadis riwayat Bukhori dari Abdullah bin Umar (....كُنْفِيالدُّنْيَاكَأَنَّكَغَرِيْبٌ) perihal sikap menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik (....طَلَبُالْعِلْمِفَرِيْضَةٌعَلَىكُلِّمُسْلِمٍ) perihal tentang menuntut ilmu
4.5.
Menghafalkan hadis riwayat Bukhori dari Abdullah bin Umar (....كُنْفِيالدُّنْيَاكَأَنَّكَغَرِيْبٌ) perihal sikap menghargai waktu dan hadis riwayat Ibnu majah dari Anas bin Malik (....طَلَبُالْعِلْمِفَرِيْضَةٌعَلَىكُلِّمُسْلِمٍ) perihal menuntut ilmu



Selanjutnya untuk KI - KD MTs Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, silakan MASUK SINI


Sumber https://www.gurukatro.com/